Connect with us

ZONA DAERAH

Terperosok di jurang, dua petugas sampah tewas, dua selamat

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comKecelakaan tunggal terjadi di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), di Kelurahan Tara-tara Satu, Kecamatan Tomohon Barat, sekitar pukul 07.00 Wita, Kamis (20/12/2018).

Di mana, satu unit armada pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tomohon terperosok ke jurang dengan kedalaman sekitar 50 meter di sekitar lokasi TPA.

Akibatnya, dua orang petugas sampah tewas. Sementara dua orang lainnya selamat.

Kedua korban tewas tersebut, yakni Julius Lucky Lasut yang merupakan sopir truk dan Berty Mangulu yang adalah pembantu sopir, keduanya warga Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan.

Sementara, untuk korban selamat dan sementara mendapatkan perawatan di Rumah Sakit (RS), yakni Marthen Taroreh dan Roy Tulung keduanya warga Paslaten Satu, Kecamatan Tomohon Timur.

Vicky Dunggio, rekan korban yang juga pengemudi truk saat ditemui di RS Bethesda mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat para korban hendak masuk ke lokasi.

“Mereka baru mau masuk ke lokasi TPA. Kami mendapat info dari teman sopir bahwa ada kecelakaan dan langsung melakukan evakuasi kepada para korban,” ujarnya.

Pantauan Zona Utara, Kepala DLH Kota Tomohon Novi Politon tampak berada di RS Bethesda Tomohon bersama keluarga korban.

Editor : Christo Senduk




Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Ajukan Ranperda APBD Perubahan, ini penjelasan Eman

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019, kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Senin (19/8/2019).

Pengajuan ranperda dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Miky JL Wenur didampingi Wakil Ketua DPRD Youddy Moningka dan Carol Senduk ini dilakukan langsung Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman.

Dalam penjelasannya, Eman menjelaskan, penyusunan ranperda tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2019 ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun anggaran 2019.

Menurut Eman, Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2019 ini juga berpedoman pada dokumen perencanaan daerah, dalam hal ini mengacu pada perubahan RKPD tahun 2019 dan juga konsisten dari kesepakatan bersama mengenai Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPASP) APBD tahun anggaran 2019.

“Perubahan anggaran ini berupa penyesuaian terhadap rencana pendapatan daerah dan rencana penyesuaian alokasi belanja, pada kegiatan-kegiatan tertentu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebijakan, strategi, prioritas program, serta kegiatan dalam perubahan APBD tahun anggaran 2019, tetap ditujukan pada proses penanganan masalah-masalah pembangunan yang dianggap strategis dan prioritas bagi pembangunan daerah.

APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2019 ini, lanjut Eman, pihaknya mengalokasikan belanja pendidikan tidak kurang dari 20% dari APBD, kesehatan 15%, kemudia alokasi anggaran untuk aparat pengawas internal pemerintah sebesar 1%.

“Sehingga pengalokasian ‘mandatory spending’ tetap dilakukan sesuai ketentuan,” paparnya.

Data menambahkan, mengenai penambahan alokasi anggaran pada perubahan APBD tahun anggaran 2019 didistribusikan ke perangkat daerah, dengan tetap memperhatikan program prioritas daerah.

“Kami berharap, DPRD dapat menjadwalkan tahapan pembahasan mengenai rancangan peraturan daerah ini sesuai dengan tahapan menurut aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Turut hadir dalam paripurna tersebut Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan, seluruh pejabat Pemkot Tomohon hingga para Camat dan Lurah se- Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com