BMKG ingatkan hujan masih akan turun hingga tengah malam di wilayah Sulut

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Kondisi air di sungai Jengki, Selasa (15/1/2019).



MANADO, ZONAUTARA.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado merilis peringatan dini cuaca.

Dari rilis itu, BMKG memperingatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang masih akan terjadi hingga pukul 22.30 WITA malam ini, Selasa (15/1/2019).

Peringatan itu berlaku sejak pukul 19.40 WITA untuk wilayah Manado, Minahasa, Kabupaten Sitaro dan sekitarnya. Kondisi itu juga dapat meluas hingga ke wilayah Bitung, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Tomohon, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow dan sekitarnya.

Sementara itu, hujan yang turun sejak Senin (14/1) malam telah mengakibatkan banjir di beberapa lokasi di Kota Manado. Banjir dari luapan sungai maupun dari drainase yang tak mampu menampung air itu terjadi terutama di Kampuing Ternate Tanjung.

Sementara longsor yang terjadi telah menimpah rumah warga di Teling Atas, di Tuminting, di Singkil Satu, di Malalayang Barat, di Ternate Baru dan di Kombos Timur. Belum ada laporan korban jiwa dari kejadian longsor ini.

Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Manado menyebutkan setidaknya ada 30 rumah di 17 kelurahan yang terdampak dan mengalami kerusakan ringan hingga parah.

Pemerintah Kota Manado berada bersiaga dan menurunkan personilnya untuk memantau dampak dari kondisi cuaca buruk ini.

Staff Humas Basarnas Manado Fery Arianto mengimbau agar warga yang tinggal di perbukitan dan bantaran sungai untuk terus waspada.

“Basarnas menurunkan 15 personil yang ikut dibantu berbagai unsur seperti PMI, TNI, Polri, RAPI untuk memantau kondisi kota Manado,” jelas Fery.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com