Connect with us

Zona Wakil Rakyat

Sekwan Sulut segera berganti, tiga nama santer disebut sebagai pengganti

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com– Masa jabatan Bartolomeus Mononutu SH sebagai Sekretaris Dewan Propinsi Sulawesi Utara akan segera berakhir.

Tiga nama muncul sebagai pengganti, bahkan kabarnya sudah berada di meja pimpinan DPRD.

Informasi yang beredar, tiga nama calon Sekretaris Dewan (Sekwan) tersebut, adalah Roy Mewoh, Farly Kotambunan dan satu pejabat eselon II berinisial FM.

Terkait hal ini, Mononutu yang ditanyai wartawan memilih tak memberikan komentar. Menurutnya, hal tersebut bukanlah wewenang dirinya.

Akan tetapi, ia mengakui bahwa dirinya akan segera memasuki masa pensiun.

Bahkan ia mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan mobil dinas baru jenis Toyota Innova Venturer untuk pengganti dirinya.

“Kebetulan saya sudah tidak lama lagi di sini karena akan segera pensiun. Mobil dinas untuk Sekwan yang baru sudah disiapkan,” kata Mononutu, Rabu (23/1/2019)

Namun menurut dia, tak hanya untuk Sekwan baru saja, pihaknya juga mengadakan kendaraan dinas jenis bus yang baru untuk operasional anggota dewan.

Wakil ketua DPRD Wenny Lumentut yang ditanyai soal adanya usulan calon Sekwan, tidak membantah. Namun soal nama-nama calon Sekwan, Lumentut belum mengetahui jelas.

“Siapa bilang (yang menginformasikan soal tiga nama, red)? Saya belum tahu,” kelit Lumentut.

Seperti diketahui, Mononutu telah memasukan masa pensiun sejak tahun lalu. Akan tetapi masih dipertahankan karena kinerja pejabat yang dikenal disiplin itu masih dibutuhkan di DPRD Sulut. (K-02)

Editor: Ronny Adolof Buol

KABAR SULUT

Empat calon Anggota DPD ini melaju ke Senayan

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.comEmpat nama calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dipastikan melenggang mulus ke Senayan Jakarta.

Keempat nama tersebut, yakni Cherish Harriette, Maya Rumantir, Djafar Alkatiri dan Stefanus BAN Liow.Keempatnya pun dipastikan duduk sebagai Anggota DPD RI periode 2019-2024 yang mewakili Bumi Nyiur Melambai.

Hal ini pun berdasarkan data yang dihimpun dari hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota.

Hingga Jumat (3/5/2019) siang, Cherish Harriette telah mengantongi sebanyak 175.484 suara dan menempati urutan pertama.

Posisi kedua ditempati Maya Rumantir dengan perolehan suara sebanyak 149.140 suara.

Kemudian di urutan tiga ada Djafar Alkatiri dengan raihan suara sebanyak 133.767.

Sementara untuk posisi keempat ditempati Stefanus BAN Liow yang merupakan Anggota DPD RI aktif dengan perolehan suara sebanyak 122.958.

Untuk posisi kelima RM Luntungan sebanyak 105.712 suara dan urutan keenam HWB Sumakul dengan 87.842 suara.

Tim Data SBANL Venko Sewow dan Maikel Salaki mengatakan, transparansi sangat terasa pada perhelatan Pemilu serentak 2019.

Pasalnya, potensi kecurangan bisa diminimalisir dengan bisa diaksesnya C1 secara langsung oleh publik.

“Selain itu, pihak penyelenggara KPU dan Bawaslu sampai di jajaran terdepan yakni desa/kelurahan dan TPS melaksanakan tugas dengan segala baik dalam menyelenggara pesta demokrasi, bahkan banyak jatuh korban sakit sampai meninggal dunia,” ungkap keduanya.

Mereka pun memberikan apresiasi kepada para penyelenggara pemilu dengan dibantu personel dari TNI dan Polri.

“Namun begitu, keputusan final perolehan suara harus menunggu penetapan KPU sesuai tingkatan,” pungkas Venko dan Maikel.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement

Trending