bar-merah

Guguran lava Gunung Karangetang tutup akses jalan

SITARO, ZONAUTARA.comGuguran lava dari Gunung Karangetang di Pulau Siau Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus meluas.

Bahkan, akses jalan dari Desa Kawahang menuju Batu Bulan Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut) pun tertutup bebatuan pijar, Selasa (5/2/2019).

Warga pun masih dilarang untuk beraktivitas di radius 3 Km. Aparat Kepolisian dan TNI terus melakukan penjagaan di wilayah terdampak.

Sebanyak 33 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 111 jiwa dari Desa Kawahang dan Batu Bulan tersebut pun sudah diungsikan.

“Langsung dilakukan evakuasi, setelah ada peringatan bahaya dari pos pemantau gunung berapi,” kata Camat Sibarut Cathrin Lukas

Menurut dia, warga yang diungsikan sudah mulai mendapatkan bantuan logisitik dari berbagai pihak, di antaranya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos) serta dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sitaro.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro, bantuan yang disalurkan berupa bahan makanan, selimut, tikar dan kebutuhan pokok lainnya.

“Bantuan sudah diserahkan di tempat-tempat pengungsian,” katanya.

Menurut dia, pihaknya terus memantau perkembangan kondisi warga yang ada di pengungsian.

“Koordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan terus jalan, terlebih terkait kebutuhan bahan makanan warga,” ujarnya.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com