bar-merah

Pemkot targetkan kembali raih predikat Kota Peduli HAM

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V Lolowang membuka kegiatan sosialisasi rencana aksi nasional Hak Asasi Manusia (HAM), di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Lantai III, Rabu (13/2/2019).

Lolowang yang membacakan sambutan wali kota mengatakan, bahwa pemerintah mengeluarkan kebijakan resmi, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 1999 yang mengamanatkan pemerintah wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi serta menegakkan dan memajukan HAM.

Implementasinya, kata dia, tertuang pada Pasal 72 bahwa kewajiban dan tanggung jawab pemerintah tersebut meliputi langkah-langkah implementasi secara efektif dalam bidang hukum, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan negara dan bidang lainnya.

“Kota Tomohon sudah empat kali mendapatkan penghargaan Kota Peduli HAM oleh Presiden RI, untuk itu saya harapkan tahun ini Kota Tomohon dapat kembali mendapatkan penghargaan tersebut dengan pro aktifnya Perangkat Daerah dalam memasukkan data yang diminta oleh Kementerian Hukum dan HAM RI” ujar Lolowang.

“Selaku Pemerintah Kota Tomohon, kami menyambut baik adanya kegiatan positif seperti ini. Oleh karena itu, kami memberikan apresiasi kepada bagian hukum yang sudah memfasilitasi adanya kegiatan yang sangat bermanfaat bagi ASN,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Hukum Sekda Kota Tomohon Denny M Mangundap dalam laporannya mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perlindungan, pemenuhan, penegakkan dan kemajuan HAM bagi seluruh lapisan masyarakat di Kota Tomohon.

“Agar terlaksananya pemantauan, evaluasi dan pelaporan serta adanya pemahaman Rencana Aksi Nasional HAM yang baik pada ASN,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber Kepala Biro Hukum Sekretariat Provinsi Sulut diwakili Biro Hukum Sekprov Sulut Steven Roring dan Kepala Kepolisian Resor Tomohon diwakili Inspektur Polisi Sat Reskrim Polres Tomohon Widodo.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com