bar-merah

Ribuan orang padati Kampung Cina

MANADO, ZONAUTARA.com – Seperti saban tahun sebelumnya, tepat lima belas hari setelah perayaan Imlek, Kampung Cina dipadati ribuan orang, Selasa (29/2/2019).

Hari ini prosesi Cap Go Meh kembali digelar. Sebanyak 12 Tang Sin (orang yang dipengaruhi roh dewa) akan turun ke jalan. Ini atraksi yang dinanti masyarakat Kota Manado dan sekitarnya.

Arak-arakan rombongan pendamping Tang Sin yang tak berhenti menabuh gendang dan menyanyikan lafal ritual, sedari pagi terus berenergi mengelilingi rumah dan tempat usaha umat Tri Dharma di seputaran Kampung Cina.

Masyarakat Manado pun mafhum, jika sekitar Kampung Cina, yang sehari-hari sebagai pusat pertokoan di jantung Kota Manado harus macet. Bahkan mereka malah senang, dan berdatangan sejak pagi.

“Hampir setiap tahun datang kemari,” ujar Maria, warga Bahu yang ikut membawa dua anaknya.

Berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya, kali ini panitia menyediakan tribun panjang di sekitar lokasi utama depan Klenteng Ban Hing Kiong. Walau demikian kehadiran ribuan warga pasti tak akan tertampung di tribun itu.

Mendekati jalannya parade yang akan dihelat sekitar pukul 16.00 WITA nanti, kepadatan warga semakin bertambah dan nyaris tak ada space sepanjang rute kupu-kupu yang akan dilewati peserta parade.

Berbagai atraksi akan disajikan bagi warga Manado, selain Tang Sin, ada pula penampilan kelompok Barongsai, rombongan anak-anak berkuda dengan rupa dewa, kenderaan hias serta perpaduan kebudayaan di Sulawesi Utara.

Kampung Cina memang di prosesi Cap Go Meh adalah atraksi harmonisasi kehidupan rukun warga Sulut, khususnya Kota Manado yang saling menghormati dan menghargai sebagai sesama ciptaan Tuhan, sebagaimana tema perayaan Cap Go Meh hari ini.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com