bar-merah

17 orang diserang anjing gila, Pemkab Kolaka Utara tetapkan siaga rabies

zonautara.com
Ilustrasi anjing. (Foto: Pexels.com)

ZONAUTARA.com – Hanya dalam beberapa hari, sudah ada 17 orang yang dilaporkan diserang oleh anjing gila di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Dinas Kesehatan Kolaka Utara pun menerapkan status siaga rabies untuk meminimalisir korban lebih banyak. Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Irham menjelaskan bahwa penetapan status siaga itu karena korban gigitan anjing gila terus bertambah.

“Naik drastis, dari 5 orang menjadi 17 orang dan kami takutkan jangan sampai angka ini terus bertambah. Makanya kami juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap anjing liar yang berkeliaran di tengah pemukiman,” ujar Irham, Jumat (22/2/2019), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Penerapan status siaga rabies itu juga sudah mendapat persetujuan dari DPRD Kolaka Utara.

“Untuk korban yang diserang sudah kami suntikan vaksin anti rabies. Kami juga sepakat untuk menindak masalah ini dengan cara melakukan pembasmian besar-besaran terhadap anjing liar yang berkeliaran,” tambah Irham.

Pihaknya juga sudah menambah pasokan stok vaksin anti rabies ke seluruh Puskesmas yang ada di Kolaka Utara.

Beberapa korban yang digigit anjing liar mengalami luka yang cukup serius, bahkan ada yang sempat diserang pada bagian mata.

Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara berharap keterlibatan masayarakat secara aktif dalam meminimalisir masalah ini, dengan cara mengurung anjing peliharaan.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com