Connect with us

Sosial Kemasyarakatan

Dewan Pers verifikasi AMSI Sulut

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Perlahan namun pasti Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kian berproses menjadi konstituen Dewan Pers. Itu ditandai dengan dilakukannya verifikasi AMSI yang ada di daerah-daerah.

Setelah AMSI Jawa Timur, AMSI Sumatera Utara dan AMSI Sulawesi Selatan, kini giliran AMSI Sulawesi Utara menjadi AMSI wilayah keempat yang dilakukan verifikasi oleh Dewan Pers, Kamis (21/2/2019).

AMSI Sulut yang dipimpin Agustinus Hari (Ketua) dan Supardi Bado (Sekretaris) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 14 Oktober 2018 sebagai wilayah kedua berdiri sejak AMSI Nasional melaksanakan Kongres 1 di Jakarta pada 2017.

Verifikasi Dewan Pers di Sekretariat AMSI Sulut dipimpin Hendry Ch Bangun dan Chelsia Tan (staf ahli Dewan Pers) dan diterima para pengurus dan pemimpin media online yang tergabung dalam AMSI Sulut.

Hendry saat itu menekankan agar media siber di bawah AMSI dapat memenuhi berbagai persyaratan yang menjadi konsen Dewan Pers.

“Utamanya terkait konten yang berkualitas dan pengelolaan perusahaan pers secara profesional. Termasuk yang penting adalah badan hukum yang benar-benar hanya mengelolah media siber dan tidak campur aduk dengan aktivitas lain sehingga bisa menjaga independensi media,” ujarnya.

Dewan Pers juga meminta daftar keanggotaan media siber yang bernaung di bawah AMSI Sulut, dokumen legal perusahaan pers dan bukti terbit.

Terkait organisasi AMSI, juga ditanyakan kegiatan dan program kerja yang telah dilakukan AMSI setahun terakhir.

“Kelihatannya untuk verifikasi organisasi tidak masalah. Tinggal keanggotan yakni media-media yang tergabung dalam AMSI Sulut yang harus diperbaiki item-item yang sesuai syarat Dewan Pers. Seperti slip gaji, gaji sesuai UMP, kode perilaku perusahan dan lain-lain,” kata Hendry yang diamini Chelsie.

Pengurus AMSI Sulut menyampaikan terima kasih atas kedatangan Dewan Pers yang telah datang memverifikasi.

“Puji syukur, verifikasi AMSI Sulut oleh Dewan Pers berjalan lancar. Ini membuktikan AMSI sangat siap untuk menjadi konstituen Dewan Pers dan membantu mewujudkan masyarakat pers, khususnya media siber yang berkualitas dan bertanggung jawab bagi publik,” kata Ketua AMSI Sulut, Agustinus Hari.

Adapun media anggota AMSI Sulut saat ini yakni TribunManado.co.id, Barta1.com, SatuBMR.com, PortaMongondow.com. Kemudian KabarManado.com, KabarPost.com, BeritaManado.com, Manadosiana.com, BeritaKawanua.com, ZonaUtara.com, MediaTotabuanOnline.com, KronikTotabuan.com dan PublikReport.com.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sosial Kemasyarakatan

Imbauan MUI soal Salat Idulfitri di tengah pandemi covid-19

Salat Idulfitri dapat dilaksanakan di rumah.

Bagikan !

Published

on

Ilustras menara masjid. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri saat Pandemi.

Dalam fatwa itu, MUI mengimbau soal pelaksanaan salat Idulfitri di tengah pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung. Umat Islam di Indonesia yang berada di kawasan episentrum covid-19 atau zona merah dapat melaksanakan salat Idulfitri di rumah.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menjelaskan, di manapun lokasi salat Idulfitri nanti, masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya penularan virus korona.

“Fatwa ini agar dapat dijadikan pedoman pelaksanaan ibadah Idul Fitri dalam rangka mewujudkan ketaatan pada Allah SWT sekaligus menjaga kesehatan dan berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujar Asrorun, Rabu (13/5/2020).

Dokumen lengkap tentang fatwa MUI ini dapat dibaca pada link ini.

Secara umum, fatwa ini memiliki pertimbangan bahwa salat Idulfitri merupakan ibadah yang menjadi salah satu syiar Islam dan simbol kemenangan dari menahan nafsu selama bulan Ramadan.

Salat Idulfitri boleh dilaksanakan di rumah secara berjamaah atau sendiri, terutama untuk warga di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali.

Jika umat Islam berada di kawasan terkendali atau bebas Covid-19, salat Idulfitri berjamaah bisa dilakukan seperti biasa

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com