Connect with us

Sosial Kemasyarakatan

Dewan Pers verifikasi AMSI Sulut

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Perlahan namun pasti Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kian berproses menjadi konstituen Dewan Pers. Itu ditandai dengan dilakukannya verifikasi AMSI yang ada di daerah-daerah.

Setelah AMSI Jawa Timur, AMSI Sumatera Utara dan AMSI Sulawesi Selatan, kini giliran AMSI Sulawesi Utara menjadi AMSI wilayah keempat yang dilakukan verifikasi oleh Dewan Pers, Kamis (21/2/2019).

AMSI Sulut yang dipimpin Agustinus Hari (Ketua) dan Supardi Bado (Sekretaris) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 14 Oktober 2018 sebagai wilayah kedua berdiri sejak AMSI Nasional melaksanakan Kongres 1 di Jakarta pada 2017.

Verifikasi Dewan Pers di Sekretariat AMSI Sulut dipimpin Hendry Ch Bangun dan Chelsia Tan (staf ahli Dewan Pers) dan diterima para pengurus dan pemimpin media online yang tergabung dalam AMSI Sulut.

Hendry saat itu menekankan agar media siber di bawah AMSI dapat memenuhi berbagai persyaratan yang menjadi konsen Dewan Pers.

“Utamanya terkait konten yang berkualitas dan pengelolaan perusahaan pers secara profesional. Termasuk yang penting adalah badan hukum yang benar-benar hanya mengelolah media siber dan tidak campur aduk dengan aktivitas lain sehingga bisa menjaga independensi media,” ujarnya.

Dewan Pers juga meminta daftar keanggotaan media siber yang bernaung di bawah AMSI Sulut, dokumen legal perusahaan pers dan bukti terbit.

Terkait organisasi AMSI, juga ditanyakan kegiatan dan program kerja yang telah dilakukan AMSI setahun terakhir.

“Kelihatannya untuk verifikasi organisasi tidak masalah. Tinggal keanggotan yakni media-media yang tergabung dalam AMSI Sulut yang harus diperbaiki item-item yang sesuai syarat Dewan Pers. Seperti slip gaji, gaji sesuai UMP, kode perilaku perusahan dan lain-lain,” kata Hendry yang diamini Chelsie.

Pengurus AMSI Sulut menyampaikan terima kasih atas kedatangan Dewan Pers yang telah datang memverifikasi.

“Puji syukur, verifikasi AMSI Sulut oleh Dewan Pers berjalan lancar. Ini membuktikan AMSI sangat siap untuk menjadi konstituen Dewan Pers dan membantu mewujudkan masyarakat pers, khususnya media siber yang berkualitas dan bertanggung jawab bagi publik,” kata Ketua AMSI Sulut, Agustinus Hari.

Adapun media anggota AMSI Sulut saat ini yakni TribunManado.co.id, Barta1.com, SatuBMR.com, PortaMongondow.com. Kemudian KabarManado.com, KabarPost.com, BeritaManado.com, Manadosiana.com, BeritaKawanua.com, ZonaUtara.com, MediaTotabuanOnline.com, KronikTotabuan.com dan PublikReport.com.

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sosial Kemasyarakatan

Bentuk kader militan dan tangguh, Pemuda Katolik Sulut gelar KKM

Published

on

Sekretaris Keuskupan dan pengurus Pemuda Katolik Komda Sulut bersama para peserta KKM. (Foto: zonautara.com)

MINAHASA, ZONAUTARA.comPemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM), di Lotta Pineleng, Kabupaten Minahasa, Jumat (6/12/2019).

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Minggu (8/12/2019) ini diikuti oleh kader Pemuda Katolik yang berasal dari berbagai Komisariat Cabang (Komcab) yang ada di Sulut.

KKM yang mengambil tema ‘Membentuk Kader Gereja dan Bangsa yang Militan dan Tangguh di era Industri 4.0’ ini diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Sekretaris Keuskupan Manado Pastor John Montolalu Pr.

Dalam kotbahnya, Pastor John mengatakan, KKM merupakan bentuk penguatan organisasi. Di mana, kata Pastor John, KKM wajib dilaksanakan dan harus diikuti oleh siapapun yang ingin dikenal sebagai kader Pemuda Katolik.

“Dalam satu konteks, Pemuda Katolik laksana lahan pastoral dan kaderisasi dalam konteks gereja dan bangsa. Dengan adanya kegiatan seperti ini, Pemuda Katolik tidak mau tampil sebagai lahan mati tapi tampil sebagai lahan yang produktif, mau menghasilkan buah yang sehat,” ungkap Pastor John yang juga Moderator Pemuda Katolik Komda Sulut.

Ketua Pemuda Katolik Komda Sulut saat memberikan sambutan. (Foto: zonautara.com)

Pastor berharap, Pemuda Katolik bisa menghasilkan buah yang sehat dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Semoga yang kini dibuat berkenan kepada gereja bangsa, sehingga menghasilkan kader yang militan dan tanggap,” tutur Pastor John, yang turut membuka secara resmi KKM tersebut.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Sulut Lexi Mantiri, dalam sambutannya mengatakan, KKM adalah program wajib dari pengurus Komda.

“Sesibuk apapun Pemuda Katolik melakukan kegiatan, kalau tidak melakukan KKM itu berarti Pemuda Katolik tidak berbuat apa-apa. Karena sesuai AD/ART, satu program wajib yaitu KKM,” katanya.

Dia berharap, melalui KKM ini, akan lahir kader-kader pemimpin yang berasal dari Pemuda Katolik untuk bisa tampil di tengah gereja dan masyarakat.

“Soal kepemimpinan, pada intinya lewat KKM ini kita diharapkan bisa menjadi pemimpin atau kader yang punya kemampuan untuk mempengaruhi, membujuk dan mengarahkan baik di organisasi sampai di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Minahasa dan Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulut Debby Suma.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com