bar-merah

Dewan Pers verifikasi AMSI Sulut

MANADO, ZONAUTARA.com – Perlahan namun pasti Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kian berproses menjadi konstituen Dewan Pers. Itu ditandai dengan dilakukannya verifikasi AMSI yang ada di daerah-daerah.

Setelah AMSI Jawa Timur, AMSI Sumatera Utara dan AMSI Sulawesi Selatan, kini giliran AMSI Sulawesi Utara menjadi AMSI wilayah keempat yang dilakukan verifikasi oleh Dewan Pers, Kamis (21/2/2019).

AMSI Sulut yang dipimpin Agustinus Hari (Ketua) dan Supardi Bado (Sekretaris) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 14 Oktober 2018 sebagai wilayah kedua berdiri sejak AMSI Nasional melaksanakan Kongres 1 di Jakarta pada 2017.

Verifikasi Dewan Pers di Sekretariat AMSI Sulut dipimpin Hendry Ch Bangun dan Chelsia Tan (staf ahli Dewan Pers) dan diterima para pengurus dan pemimpin media online yang tergabung dalam AMSI Sulut.

Hendry saat itu menekankan agar media siber di bawah AMSI dapat memenuhi berbagai persyaratan yang menjadi konsen Dewan Pers.

“Utamanya terkait konten yang berkualitas dan pengelolaan perusahaan pers secara profesional. Termasuk yang penting adalah badan hukum yang benar-benar hanya mengelolah media siber dan tidak campur aduk dengan aktivitas lain sehingga bisa menjaga independensi media,” ujarnya.

Dewan Pers juga meminta daftar keanggotaan media siber yang bernaung di bawah AMSI Sulut, dokumen legal perusahaan pers dan bukti terbit.

Terkait organisasi AMSI, juga ditanyakan kegiatan dan program kerja yang telah dilakukan AMSI setahun terakhir.

“Kelihatannya untuk verifikasi organisasi tidak masalah. Tinggal keanggotan yakni media-media yang tergabung dalam AMSI Sulut yang harus diperbaiki item-item yang sesuai syarat Dewan Pers. Seperti slip gaji, gaji sesuai UMP, kode perilaku perusahan dan lain-lain,” kata Hendry yang diamini Chelsie.

Pengurus AMSI Sulut menyampaikan terima kasih atas kedatangan Dewan Pers yang telah datang memverifikasi.

“Puji syukur, verifikasi AMSI Sulut oleh Dewan Pers berjalan lancar. Ini membuktikan AMSI sangat siap untuk menjadi konstituen Dewan Pers dan membantu mewujudkan masyarakat pers, khususnya media siber yang berkualitas dan bertanggung jawab bagi publik,” kata Ketua AMSI Sulut, Agustinus Hari.

Adapun media anggota AMSI Sulut saat ini yakni TribunManado.co.id, Barta1.com, SatuBMR.com, PortaMongondow.com. Kemudian KabarManado.com, KabarPost.com, BeritaManado.com, Manadosiana.com, BeritaKawanua.com, ZonaUtara.com, MediaTotabuanOnline.com, KronikTotabuan.com dan PublikReport.com.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com