bar-merah

Proses evakuasi terus dilanjutkan, Kepala Basarnas kunjungi lokasi musibah

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Proses pencarian dan evakuasi korban dari lubang tambang rakyat di Desa Bakan, Kecematan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong) terus dilakukan hingga Sabtu (2/3/2019).

Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito mendatangi langsung lokasi musibah. Bagus tiba di lokasi pada Kamis (1/3) malam sekitar pukul 20.30 WITA.

Bagus didampingi Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Mayor Jenderal Nugroho Budi dan juga Bupati Bolmong Yesti Soepredjo Mokoagouw, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara serta Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, Kapolres Kotamobagu AKBP Gani Siahaan, Camat Lolayan serta Kepala Desa Bakan Hasanuddin Mokodompit.

“Kami menyampaikan rasa empati dan dukacita kepada keluarga dari korban yang meninggal, semoga diberi kesabaran. Tim SAR gabungan telah berusaha keras, dibantu oleh TNI, Polri, masyarakat, Pemerintah Daerah serta pihak perusahaan J Resources yang bekerja hingga malam,” ujar Bagus.

Bagus mengatakan, dia sengaja datang berkunjung ke lokasi musibah untuk memberikan motivasi kepada regu penyelamat dan juga melihat kondisi lokasi secara langsung.

“Fokus kita mencari dan mengevakuasi korban, dan tentu mempertimbangkan faktor keselamatan petugas penyelamat,” tambah Bagus.

Lokasi musibah memang ekstrim, berada di tebing gunung yang sangat curam. Perlu ekstra kehati-hatian dari petugas untuk masuk ke dalam lubang dan menyingkirkan material longsoran.

Sejak Jumat kemarin, alat berat telah dikerahkan untuk membongkar lubang yang masih ada korban terjebak di dalamnya. Diduga korban yang masih terjebak sudah meninggal.

Alat berat yang dioperasikan oleh PT J Resources bekerja dengan hati-hati sebab harus membuat jalan di lokasi yang sangat terjal.

“Kita harus semangat semuanya dan jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan oleh Tuhan,” kata Bagus.

Rencananya Kepala Basarnas akan kembali mengunjungi lokasi musibah pagi ini.

Desa Bakan menjadi sorotan sejak Selasa (26/2) saat puluhan orang terjebak didalam lubang galian tambang rakyat. Lokasi itu berbatasan dengan area eksplorasi PT J Resources Bolaang Mongondouw.

Hingga kini sudah 19 petambang yang dievakuasi dalam kondisi selamat, dan 8 petambang meninggal dunia. Total 27 orang yang sudah berhasil dikeluarkan dari lubang oleh regu penyelamat.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com