Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Pemkot Tomohon ajak masyarakat pahami pemanfaatan nuklir

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Selasa (5/3/2019) mensosialisasikan pemanfaatan penelitian tenaga nuklir untuk pertanian bertempat di Balai Kelurahan Wailan Kecamatan Tomohon Utara.

Deputi Kepala BATAN Bidang Teknologi Energi Nuklir Ir Suryantoro MT menjelaskan, nuklir bukan hanya dimanfaatkn di dunia militer, tapi juga di bisang lain seperti pertanian, peternakan, kesehatan, energi serta bidang lainnya.

“Masyarakat umum selama ini hanya tahu bahwa nuklir digunakan untuk militer. Tapi, sebenarnya lebih banyak bermanfaat di hal-hal yang bisa mensejahterakan masyarakat,” ujar Suryantoro.

Di bidang pertanian misalnya, nuklir telah dimanfaatkan untuk menghasilkan beragam varietas unggul tanaman pangan seperti kedelai, kacang hijau, sorgum, kacang tanah serta gandum tropis.

“Malahan, untuk tanaman padi, pemanfaatan nuklir teknik mutasi radiasi, berkontribusi pada lebih dari 10 persen unggul nasional dengan menghasilakan 23 varietas,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten Perekonomian Djoike Karouw.

“Lewat soaialisasi ini, diharapkan masyarakat Kota Tomohon bisa memanfaatkan teknologi nuklir dari hasil Penelitian dan Pengembangan Badan Tenaga Nuklir Nasional khususnya di bidang pertanian, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari teknologi tersebut,” kata Karouw membawakan sambutan wali kota.

Usai sosilisasi, pihak BATAN menyerahkan secara simbolis bantuan berupa benih kepada para perwakilan petani dari 5 kelurahan masing-masing Kamasi Satu, Wailan, Kayawu, Taratara, serta Kakaskasen.

Turut hadir, tokoh pemusa Ashley Rumajar, Camat Tomohon Utara Ir Martine Mamesah MSi dan undangan lainnya. 

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Eman: mari kita jaga suasana tetap kondusif

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comTahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Masyarakat pun diminta untuk menerima apapun yang dihasilkan oleh para penyelenggara Pemilu tersebut dan kembali menyatukan perbedaan yang ada.

Seperti yang diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Dia mengatakan, pesta demokrasi dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta para wakil rakyat dari pusat hingga daerah telah terlaksana dengan baik.

Menurut Eman, saat ini merupakan waktu untuk meninggalkan segala perbedaan yang tercipta dalam Pemilu lalu.

“Kami, pemerintah bersama Forkopimda, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Tomohon berharap, agar pasca-pesta demokrasi, suasana kondusif dapat terjaga,” ungkap Eman, di sela-sela Sosialisasi dan Dialog Sinergitas para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, di aula Homestay Walian, Selasa (21/5/2019).

Eman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat berimplikasi hukum dan dapat menimbulkan keresahan, serta ketidaktentraman, hingga meruntuhkan semangat persatuan di Kota yang ditetapkan sebagai salah satu Kota Toleran di Indonesia ini.

“Mari sama-sama kita jaga kerukunan, kesatuan dan persatuan yang sudah lama tercipta di Kota yang kita cintai ini. Semoga Kota Tomohon dapat menjadi berkat di Sulawesi Utara ini,” harapnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending