bar-merah

Pemkot Tomohon ajak masyarakat pahami pemanfaatan nuklir

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Selasa (5/3/2019) mensosialisasikan pemanfaatan penelitian tenaga nuklir untuk pertanian bertempat di Balai Kelurahan Wailan Kecamatan Tomohon Utara.

Deputi Kepala BATAN Bidang Teknologi Energi Nuklir Ir Suryantoro MT menjelaskan, nuklir bukan hanya dimanfaatkn di dunia militer, tapi juga di bisang lain seperti pertanian, peternakan, kesehatan, energi serta bidang lainnya.

“Masyarakat umum selama ini hanya tahu bahwa nuklir digunakan untuk militer. Tapi, sebenarnya lebih banyak bermanfaat di hal-hal yang bisa mensejahterakan masyarakat,” ujar Suryantoro.

Di bidang pertanian misalnya, nuklir telah dimanfaatkan untuk menghasilkan beragam varietas unggul tanaman pangan seperti kedelai, kacang hijau, sorgum, kacang tanah serta gandum tropis.

“Malahan, untuk tanaman padi, pemanfaatan nuklir teknik mutasi radiasi, berkontribusi pada lebih dari 10 persen unggul nasional dengan menghasilakan 23 varietas,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten Perekonomian Djoike Karouw.

“Lewat soaialisasi ini, diharapkan masyarakat Kota Tomohon bisa memanfaatkan teknologi nuklir dari hasil Penelitian dan Pengembangan Badan Tenaga Nuklir Nasional khususnya di bidang pertanian, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari teknologi tersebut,” kata Karouw membawakan sambutan wali kota.

Usai sosilisasi, pihak BATAN menyerahkan secara simbolis bantuan berupa benih kepada para perwakilan petani dari 5 kelurahan masing-masing Kamasi Satu, Wailan, Kayawu, Taratara, serta Kakaskasen.

Turut hadir, tokoh pemusa Ashley Rumajar, Camat Tomohon Utara Ir Martine Mamesah MSi dan undangan lainnya. 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com