bar-merah

Sungai lingkar tambang diadukan tercemar, Komisi IV Datangi PT MSM

MANADO, ZONAUTARA.com – Adanya aduan masyarakat dari sejumlah desa lingkar tambang bahwa sungai Paniang tercemar oleh aktifitas PT Meares Soputan Mining (MSM), ditindaklanjuti oleh Komisi IV DPRD Sulut dengan mendatangi perusahaan tambang emas terbesar di Sulawesi Utara itu, Selasa (5/3/2019) lalu.

Dipimpin oleh Ketua Komisi, James Karinda SH, komisi yang membidangi Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Hidup itu juga mengunjungi sejumlah desa di lingkar tambang. Di antaranya desa Kalinaung, Pinenet, Pinasungkulan dan Karondoran.

Para personel Komisi IV, di antaranya Karinda, Inggried Sondakh, Fanny Legoh, Herry Tombeng, Nori Supit, Hj Muslimah Mongilong dan Siska Mangindaan mendapat penjelasan dari Kepala Teknik Tambang PT MSM, Sapto soal dugaan pencemaran lingkungan.

Dia membantah jika sungai yang mengaliri desa-desa lingkar tambang tercemar akibat aktifitas pertambangan PT MSM. Menurut dia, air sungai menjadi panas karena ada sumber air panas.

“Kalaupun ada air panas hasil pengolahan limbah dari aktifitas PT MSM, suhu derajatnya sudah diturunkan, dan tidak melewati baku mutu. Dan kami juga punya penampungan,” terang Sapto.

Dia juga menyatakan bahwa PT MSM menjamin penyaluran air bersih bagi masyarakat lingkar tambang.

“Dan kami bekerja sama dengan Kementerian PU menyediakan air bersih untuk warga,” tambah Sapto didampingi Public Relation Herry Inyo Rumondor.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut, Ir Marly Gumalag mengatakan bahwa selama ini, PT MSM rutin melaporkan pengelolaan limbah.

“Akan tetapi jika hasil produksi dan limbahnya bersuhu 26 derajat, sebaiknya diturunkan menjadi 24 derajat sama dengan air sungai,” kata Gumalag.

Sedangkan Karinda secara tegas meminta PT MSM segera menindaklanjuti aduan masyarakat.

“Kami minta ada solusi dari PT MSM atas aduan masyarakat ini. Karena warga mengadu di sungai tersebut tidak ada lagi kehidupan karena air sudah menjadi panas. Ini harus ditindaklanjuti,” tegas Karinda. (K-02)

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com