Connect with us

PRESS REVIEW

Mahasiswa bolos di Tiongkok dipanggil masuk kelas lewat teknologi kecerdasan buatan

Published

on

ZONAUTARA.com – Tiongkok sedang gencar-gencarnya mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam berbagai sektor, termasuk di perguruan tinggi.

Sebuah universitas di Hangzhou, ibukota provinsi Zhejiang telah meluncurkan sistem pencatat kehadiran mahasiswa yang dikendalikan oleh AI.

Sistem ini akan mengenali mahasiswa yang terlambat masuk kelas atau membolos, dengan mengirimkan notifikasi secara otomatis melalui ponsel mereka, begitu wajah para mahasiswa dikenali oleh kamera pengawas.

“Hello, this is little AI, an intelligent voice assistant from the counsellors of Hangzhou Dianzi University. I notice you were absent from class today.” Kalimat seperti itulah yang akan masuk di handphone mahasiswa yang terlambat atau tidak masuk kelas.

Lebih dari setengah program studi di Universitas Dianzi, Hangzhou telah mengadopsi sistem pengingat kehadiran ini. Hu Haibin, wakil direktur universitas itu mengakui bahwa sistem ini telah memberi dampak yang sangat signifikan.

“Sebelumnya pengajar memerlukan waktu setidaknya tujuh hingga delapan menit untuk memanggil mahasiswa masuk ke kelasnya. Tapi sekarang hanya butuh 15 detik saja, ujar Hu Haibin kepada Beijing Youth Daily.

Menurut Hu, pelacakan siswa yang bolos hanyalah bagian dari tujuan utama sistem ini, yakni menemukan alasan yang tepat mengapa para mahasiswa itu terlambat atau bolos.

Para staf universitas menurut Hu akan mempelajari database yang dikumpulkan sistem AI, dan menindaklanjuti tindakan yang perlu diambil.

Tiongkok berambisi menjadi pemimpin dalam implementasi teknologi AI dan menargetkan menciptakan industri AI senilai 1 triliun yuan atau US$147 miliar).

Sejak 2014, Tiongkok telah memimpin dunia dalam hal pengajuan hak paten di AI, dan mengalahkan Amerika Serikat.

Sumber: South China Morning Post

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

PRESS REVIEW

Bersiaplah! November 2019 pendaftaran online CPNS dibuka

Ada 197.117 formasi yang disediakan, 159.257 jatah untuk pemerintah daerah.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Bagi anda yang menginginkan mengabdi untuk negara melalui jalur Pegawai Negeri Sipil, bersiaplah. Pada November mendatang, pemerintah akan membuka pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Ada sebanyak 197.117 formasi yang disiapkan oleh pemerintah kali ini, yang terdiri dari 37.854 formasi untuk pemerintah pusat dan 159.257 formasi untuk pemerintah daerah.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan sebelum pembukaan registrasi online tersebut, pihaknya akan mengumumkan pendaftaran PNS pada akhir Oktober hingga awal November mendatang.

“Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah,” kata Ridwan seraya menambahkan, penyerahan formasi telah berlangsung pada Kamis, (17/10) di Jakarta.

Sementara itu, untuk pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019. Setelah itu, pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan pada Januari 2020.

Pada Februari 2020 nanti pelaksanaan SKD akan digelar. Hasilnya akan diumumkan pada Maret yang kemudian diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020,” sambungnya.

Ridwan menyampaikan untuk mendukung kelancaran proses penerimaan PNS tersebut, BKN telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Ia mengingatkan, untuk pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

“Silakan calon pelamar memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran,” kata Ridwan.

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

  1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga.
  3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Lengkapi biodata.
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
  6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen.
  7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran.

Kepala Biro Humas BKN menegaskan pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN.

Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com