Connect with us

PRESS REVIEW

Kenaikan gaji PNS, unggulkan Jokowi-Ma’aruf di kalangan PNS

Published

on

ZONAUTARA.com – Elektabilitas pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’aruf Amin lebih unggul dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hasil survei Charta Politika menyebutkan elektabilitas Jokowi-Ma’aruf berada pada angka 39,5% di kalangan PNS, unggul 2,7% dari Prabowo-Sandi yang berada pada angka 36,8%.

Charta Politika juga memerikan, dari hasil surveinya ada 23,7% PNS yang belum memberikan pilihannya berdasarkan survei periode 1-9 Maret 2019. Angka ini naik dari survei pada periode Januari yakni 14,9% yang tidak menjawab.

“Faktornya mungkin kenaikan gaji PNS. Itu satu-satunya variabel baru selama dua bulan terakhir,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin (25/3), seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Jokowi telah mewacanakan kenaikan gaji PNS sejak awal tahun ini. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,661 triliun untuk kebijakan ini.

Jokowi juga sempat menjanjikan menyetarakan gaji perangkat desa dengan PNS golongan IIA. Nantinya, Kepala Desa dan perangkat desa akan mendapat gaji antara Rp 2,02 juta hingga Rp 3,82 juta. Hanya saja, janji penyetaraan gaji tersebut baru akan terealisasi hingga 2020.

Di kalangan aparat des, perolehan suara Jokowi-Ma’ruf berimbang dengan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga di segmen aparat desa masing-masing sebesar 43,8%. Adapun aparat desa yang tak menjawab sebesar 12,5%.

Yunarto menilai masih cukup sulit bagi Jokowi-Ma’ruf untuk bisa menang telak sekaligus di segmen PNS dan aparat desa dalam Pilpres 2019. Sebab, banyak PNS dan perangkat desa yang merasa terganggu dengan sistem birokrasi saat ini.

“Program e-budgeting, e-procurement, dan lainnya, itu hal paling menakutkan buat para PNS yang ingin bertahan di comfort zone-nya,” kata Yunarto.

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

PRESS REVIEW

Bersiaplah! November 2019 pendaftaran online CPNS dibuka

Ada 197.117 formasi yang disediakan, 159.257 jatah untuk pemerintah daerah.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Bagi anda yang menginginkan mengabdi untuk negara melalui jalur Pegawai Negeri Sipil, bersiaplah. Pada November mendatang, pemerintah akan membuka pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Ada sebanyak 197.117 formasi yang disiapkan oleh pemerintah kali ini, yang terdiri dari 37.854 formasi untuk pemerintah pusat dan 159.257 formasi untuk pemerintah daerah.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan sebelum pembukaan registrasi online tersebut, pihaknya akan mengumumkan pendaftaran PNS pada akhir Oktober hingga awal November mendatang.

“Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah,” kata Ridwan seraya menambahkan, penyerahan formasi telah berlangsung pada Kamis, (17/10) di Jakarta.

Sementara itu, untuk pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019. Setelah itu, pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan pada Januari 2020.

Pada Februari 2020 nanti pelaksanaan SKD akan digelar. Hasilnya akan diumumkan pada Maret yang kemudian diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020,” sambungnya.

Ridwan menyampaikan untuk mendukung kelancaran proses penerimaan PNS tersebut, BKN telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Ia mengingatkan, untuk pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

“Silakan calon pelamar memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran,” kata Ridwan.

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

  1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga.
  3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Lengkapi biodata.
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
  6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen.
  7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran.

Kepala Biro Humas BKN menegaskan pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN.

Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com