bar-merah

Kenaikan gaji PNS, unggulkan Jokowi-Ma’aruf di kalangan PNS

ZONAUTARA.com – Elektabilitas pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’aruf Amin lebih unggul dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hasil survei Charta Politika menyebutkan elektabilitas Jokowi-Ma’aruf berada pada angka 39,5% di kalangan PNS, unggul 2,7% dari Prabowo-Sandi yang berada pada angka 36,8%.

Charta Politika juga memerikan, dari hasil surveinya ada 23,7% PNS yang belum memberikan pilihannya berdasarkan survei periode 1-9 Maret 2019. Angka ini naik dari survei pada periode Januari yakni 14,9% yang tidak menjawab.

“Faktornya mungkin kenaikan gaji PNS. Itu satu-satunya variabel baru selama dua bulan terakhir,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin (25/3), seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Jokowi telah mewacanakan kenaikan gaji PNS sejak awal tahun ini. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,661 triliun untuk kebijakan ini.

Jokowi juga sempat menjanjikan menyetarakan gaji perangkat desa dengan PNS golongan IIA. Nantinya, Kepala Desa dan perangkat desa akan mendapat gaji antara Rp 2,02 juta hingga Rp 3,82 juta. Hanya saja, janji penyetaraan gaji tersebut baru akan terealisasi hingga 2020.

Di kalangan aparat des, perolehan suara Jokowi-Ma’ruf berimbang dengan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga di segmen aparat desa masing-masing sebesar 43,8%. Adapun aparat desa yang tak menjawab sebesar 12,5%.

Yunarto menilai masih cukup sulit bagi Jokowi-Ma’ruf untuk bisa menang telak sekaligus di segmen PNS dan aparat desa dalam Pilpres 2019. Sebab, banyak PNS dan perangkat desa yang merasa terganggu dengan sistem birokrasi saat ini.

“Program e-budgeting, e-procurement, dan lainnya, itu hal paling menakutkan buat para PNS yang ingin bertahan di comfort zone-nya,” kata Yunarto.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com