Connect with us

Zona Manado

Fakultas Pariwisata Unika Dela Salle usung “Gen-Z 4 tourism” dalam Dies Natalis

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Program Studi Pariwisata Fakultas Pariwisata, Universitas Katolik (Unika) Della Salle mengusung tema Suistainable tourism, Gen-Z 4 tourism” dalam gelaran Dies Natalis ke-4.

Serangkaian kegiatan akan mewarnai Dies Natalis yang dibuka oleh Dekan Pariwisata Dr Stevanus Ngenget, S.S., M.A, Rabu (27/3/2019).

Ikut hadir dalam pembukaan rangkaian kegiatan itu, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Joseph Rako, M.Sc dan Kepala Dinas Pariwisata Neivy Lenda Pelealu.

Ketua Panitia Jelly Walansendow mengatakan bahwa pilihan tema peringatan dies natalis menyiratkan harapan kepada generasi muda untuk bisa dapat mempromosikan destinasi wisata di Sulut.

“Tentu mereka juga diharapkan mampu menjaga kelestarian destinasi dan menjaga lingkungan,” kata Jelly yang juga merupakan dosen di Fakultas Pariwisata itu.

Acara pembukaan diisi dengan talk show dengan pembica Kepala Dinas Pariwisata Sulut Neivy Pelealu, Ketua Asita Sulut Merry Karouwan dan Ketua HPI Sulut Roy Berti.

Selama empat hari kedepan berbagai kegiatan akan digelar dengan puncak acara pemilihan putra-putri dirgantara hasil kerjasama dengan TNI-AU.

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Manado

Manado terobos inflasi tertinggi di seluruh Pulau Sulawesi

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Bulan Juli 2019, inflasi di Kota Manado berhasil menerobos posisi tertinggi dibanding Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) lainnya yang ada di Pulau Sulawesi Utara. Inflasi Kota Manado tercatat sebesar 3,60 persen.

Sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Makassar sebesar 0,05 persen. Secara umum, kota-kota IHK di Pulau Sulawesi yang berjumlah 11 kota, tercatat semua kota mengalami inflasi pada Juni 2019.

Berdasarkan Data Resmi Statistik yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), inflasi tahun kalender Kota Manado sebesar 4,77 persen dan inflasi year on year sebesar 5,10 persen., Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Sulut Marthedy M Tenggehi menjelaskan bahwa inflasi Kota Manado pada bulan Juni 2019 disebabkan adanya peningkatan indeks pada beberapa kelompok pengeluaran.

“Kelompok pengeluaran bahan makanan naik sebesar 13,73 persen; kelompok pengeluaran kesehatan naik sebesar 1,77 persen; kelompok pengeluaran sandang naik sebesar 0,22 persen; kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau naik sebesar 0,19 persen; serta kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik sebesar 0,04 persen,” jelasnya.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, kata Marthedy, adalah kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,11 persen dan kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,03 persen.

“Penyumbang Inflasi terbesar di Kota Manado pada bulan Juni 2019 yaitu tomat sayur sebesar 3,4514 persen, sedangkan penyumbang Deflasi terbesar adalah cabai rawit sebesar 0,3128 persen,” kata Marthedy.

Editor: Rahadih Gedoan

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com