bar-merah

Paus Fransiskus basuh kaki 12 narapidana

ZONAUTARA.com – Ritual basuh kaki pada perayaan Kamis Putih dilakukan Paus Fransiskus di sebuah penjara di Velletri, sebuah kota di luar Roma, Kamis (18/4/2019). Dalam ritual tersebut, pemimpin tertinggi umat Katolik ini membasuh kaki 12 narapidana di penjara itu.

Upacara pembasuhan kaki ini pun dilakukan Paus Fransiskus sebagai bentuk simbol, bahwa manusia harus melayani sesama seperti saudara sendiri dan dilakukan menjelang peringatan penyaliban Kristus pada Jumat Agung dan kebangkitannya.

Pembasuhan kaki terhadap narapidana di penjara ini pun dilakukan Paus Fransiskus untuk mengirimkan pesan, bahwa sosok penting harus melayani orang-orang terpinggirkan, contohnya budak, sebagaimana yang dilakukan Yesus dengan membasuh kaki para murid-muridnya.

“Uskup bukan orang penting. Uskup harus menjadi orang yang paling melayani,” kata Paus Fransiskus, dilansir dari Tempo.co

Paus Fransiskus mencuci kaki 12 narapidana, mengeringkan, hingga mengecupnya. Kaki para narapidana yang dibasuh Paus itu adalah sembilan tahanan asal Italia dan satu terpidana masing-masing dari Brazil, Pantai Gading dan Maroko.

Paus Fransiskus diketahui mengalami sciatica atau nyeri saraf sehingga membutuhkan bantuan dari para ajudannya untuk berdiri dan membungkuk saat membasuh kaki para narapidana itu.

Perayaan Paskah ada tahun ini terasa lebih pedih setelah gereja Katedral Notre-Dame de Paris di Prancis, hancur karena kebakaran. Paus Fransiskus pun di sela-sela ibadah Kamis Putih pun menyampaikan duka cita mendalam kepada seluruh umat Katolik di seluruh Prancis.

Presiden Emmanuel Macron mengundang Paus Fransiskus pada 18 April 2019, agar mau berkunjung ke negaranya. Sebelumnya pada 17 April 2019, Paus Fransiskus menerima telepon dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang menyampaikan duka cita mendalam serta simpati dari seluruh masyarakat Amerika Serikat atas musibah kebakaran itu.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com