Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

PERISTIWA

Paus Fransiskus basuh kaki 12 narapidana

Published

on

ZONAUTARA.com – Ritual basuh kaki pada perayaan Kamis Putih dilakukan Paus Fransiskus di sebuah penjara di Velletri, sebuah kota di luar Roma, Kamis (18/4/2019). Dalam ritual tersebut, pemimpin tertinggi umat Katolik ini membasuh kaki 12 narapidana di penjara itu.

Upacara pembasuhan kaki ini pun dilakukan Paus Fransiskus sebagai bentuk simbol, bahwa manusia harus melayani sesama seperti saudara sendiri dan dilakukan menjelang peringatan penyaliban Kristus pada Jumat Agung dan kebangkitannya.

Pembasuhan kaki terhadap narapidana di penjara ini pun dilakukan Paus Fransiskus untuk mengirimkan pesan, bahwa sosok penting harus melayani orang-orang terpinggirkan, contohnya budak, sebagaimana yang dilakukan Yesus dengan membasuh kaki para murid-muridnya.

“Uskup bukan orang penting. Uskup harus menjadi orang yang paling melayani,” kata Paus Fransiskus, dilansir dari Tempo.co

Paus Fransiskus mencuci kaki 12 narapidana, mengeringkan, hingga mengecupnya. Kaki para narapidana yang dibasuh Paus itu adalah sembilan tahanan asal Italia dan satu terpidana masing-masing dari Brazil, Pantai Gading dan Maroko.

Paus Fransiskus diketahui mengalami sciatica atau nyeri saraf sehingga membutuhkan bantuan dari para ajudannya untuk berdiri dan membungkuk saat membasuh kaki para narapidana itu.

Perayaan Paskah ada tahun ini terasa lebih pedih setelah gereja Katedral Notre-Dame de Paris di Prancis, hancur karena kebakaran. Paus Fransiskus pun di sela-sela ibadah Kamis Putih pun menyampaikan duka cita mendalam kepada seluruh umat Katolik di seluruh Prancis.

Presiden Emmanuel Macron mengundang Paus Fransiskus pada 18 April 2019, agar mau berkunjung ke negaranya. Sebelumnya pada 17 April 2019, Paus Fransiskus menerima telepon dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang menyampaikan duka cita mendalam serta simpati dari seluruh masyarakat Amerika Serikat atas musibah kebakaran itu.

Editor : Christo Senduk

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hukum dan Kriminal

#TangkapPRABOWO menjadi trending pagi ini

Tagar #DukungPRABOWO juga ikut menjadi trending.

Published

on

Pengamanan aparat gabungan saat aksi demo menentang pengumuman KPU di Jakarta, 22 Mei 2019.. (Foto: Samuere Mamoto)

ZONAUTARA.com – Tagar #TangkapPRABOWO menjadi trending topik dalam cuitan Twitter pagi ini (Rabu, 22 Mei 2019). Tagar itu dicuitkan oleh netizen menanggapi sikap penolakan Prabowo Subianto terhadap keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU dalam keputusannya, telah menetapkan pemenang Pemilihan Presiden 2019 pada Selasa (21/5) subuh. Keputusan itu tidak diakui oleh Prabowo dan pendukungnya sebagaimana sikapnya sejak pemungutan suara selesai.

Baca juga: Presiden kita semua

Keputusan KPU itu juga memicu aksi demonstrasi yang berlangsung sejak Selasa sore. Linimasa media sosial diramaikan dengan berbagai postingan menanggapi situasi terkini, terutama di Jakarta.

Tagar #TangkapPRABOWO terpantau menguat sejak Rabu subuh dan terus naik. Hingga berita ini diturunkan (pukul 10.00 WITA), telah ada 110 ribu tweet terkait tagar tersebut.

Disamping itu, tagar #DukungPRABOWO juga muncul dan langsung menjadi trending. Tagar ini terpantau menguat sejak pukul 05.00 WITA dan terus menguat hingga mencapai 37 ribu tweet.

Selain dua tagar tersebut, tagar #Jihad dan tagar #MahkamahKedaulatan juga menjadi trending. Bahkan tagar #Jihad hingga kini sudah tercatat lebih dari 100 ribu tweet.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending