Connect with us

ZONA DAERAH

BumDes diminta gali potensi desa

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.comBadan Usaha Milik Desa (BumDes) diminta untuk dapat menggali potensi yang ada di desanya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Jefry Sajow dalam pelatihan pengembangan kewirausahaan melalui pemanfaatan Dana Desa (DanDes), Jumat (26/4/2019).

“Kiranya dapat menggali potensi unggulan desa yang dikelola melalui BumDes guna membuka lapangan kerja masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan indek desa menbangun,” kata Sajow.

Namun tentunya dalam hal itu, Sajow menegaskan, harus dilakukan berdasarkan aturan.

Menurut dia, penataan dan pemanfaatan pengelolaan antara aset BumDes dan Desa juga sangat penting.

“Saat ini di Minahasa 50 persen Dana Desa atau sekitar Rp35 miliar telah dikelola oleh BumDes,” tambahnya.

Dia pun berharap, setiap BumDes bisa jdi barometer pengembangan perekonomian di desa.

Sementara, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Minahasa Frini Setaan mengatakan, kini masyarakat perlu menghilangkan kebiasaan cepat saji atau instant. Karena akan menguntungkan orang lain, padahal banyak potensi belum tergali.

“Manfaatkan teknologi sebaiknya guna memperoleh keuntungan dalam mengelolah usaha,” tambahnya.

Sementara sejumlah peserta yang merupakan perwakilan dari sejumlah BumDes mengharapkan dalam penyusunan Perda tentang BumDes harus mengatur soal jaminan bedasarkan kinerja pengurus BumDes, bukan hal-hal non teknis. Serta, kiranya dapat memperbanyak pelatihan tentang kewirusahaan di desa-desa.

Editor : Christo Senduk

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Wali Kota Eman serahkan bantuan di Panti Sayap Kasih Woloan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menghadiri perayaan syukur Hari Ulang Tahun (HUT) Pesta Pelindung sekaligus penggalangan dana pembangunan Panti Sayap Kasih Woloan, Sabtu (18/5/2019).

Dalam kesempatan, Wali Kota dua periode ini turut memberikan bantuan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Sosial.

Dalam sambutannya, Eman mengatakan, pihaknya bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan, karena bisa hadir bersama dengan para anak-anak di Panti Asuhan yang dikelola Yayasan Manuel Runtu tersebut.

“Kita patut bersyukur karena bisa bersama-sama di tempat ini dan bisa bersama-sama pengurus juga anak-anak di panti Sayap Kasih ini,” ungkap Eman.

Eman pun berharap, bantuan dari Pemkot Tomohon tersebut bisa berguna bagi pengembangan Panti Sayap Kasih.

Bantuan dari Pemkot Tomohon ini pun diterima oleh Kepala Panti Sayap Kasih Bruder Bonaventura.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement

Trending