bar-merah

BumDes diminta gali potensi desa

MINAHASA, ZONAUTARA.comBadan Usaha Milik Desa (BumDes) diminta untuk dapat menggali potensi yang ada di desanya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Jefry Sajow dalam pelatihan pengembangan kewirausahaan melalui pemanfaatan Dana Desa (DanDes), Jumat (26/4/2019).

“Kiranya dapat menggali potensi unggulan desa yang dikelola melalui BumDes guna membuka lapangan kerja masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan indek desa menbangun,” kata Sajow.

Namun tentunya dalam hal itu, Sajow menegaskan, harus dilakukan berdasarkan aturan.

Menurut dia, penataan dan pemanfaatan pengelolaan antara aset BumDes dan Desa juga sangat penting.

“Saat ini di Minahasa 50 persen Dana Desa atau sekitar Rp35 miliar telah dikelola oleh BumDes,” tambahnya.

Dia pun berharap, setiap BumDes bisa jdi barometer pengembangan perekonomian di desa.

Sementara, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Minahasa Frini Setaan mengatakan, kini masyarakat perlu menghilangkan kebiasaan cepat saji atau instant. Karena akan menguntungkan orang lain, padahal banyak potensi belum tergali.

“Manfaatkan teknologi sebaiknya guna memperoleh keuntungan dalam mengelolah usaha,” tambahnya.

Sementara sejumlah peserta yang merupakan perwakilan dari sejumlah BumDes mengharapkan dalam penyusunan Perda tentang BumDes harus mengatur soal jaminan bedasarkan kinerja pengurus BumDes, bukan hal-hal non teknis. Serta, kiranya dapat memperbanyak pelatihan tentang kewirusahaan di desa-desa.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com