Ketinggian air DAS Tondano terus bertambah, warga diminta waspada

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



MANADO, ZONAUTARA.comCurah hujan dengan intensitas yang tinggi melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Utara (Sulut) sejak Sabtu (27/4/2019).

Hingga Minggu (28/4/2019), hujan masih terus mengguyur, utamanya di wilayah Tomohon, Tondano dan Manado.

Akibatnya, debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano terus mengalami peningkatan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui laman resminya membeberkan, bahwa dari pantauan Pos Pemantauan DAS Tondano di Dendengan Luar, sejak pukul 10.21 WITA, debit air terus bertambah.

Di mana, pada pukul 11.09 WITA, dilaporkan telah terjadi kenaikan signifikan dari 70 cm menjadi 120 cm dan telah melampaui level waspada.

Terkait kondisi kini, Pemkot Manado pun mengimbau warga yang berada di bantaran sungai, agar dapat mengintensifkan komunikasi dengan aparat kelurahan setempat untuk update informasi dan langkah antisipasi.

Sementara itu, dilansir dari laman BMKG hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir terjadi di wilayah Tomohon, Minahasa Utara, Manado, Bitung, Minahasa.

Serta, dapat meluas ke wilayah Minahasa Tenggara, Bolmong Timur, Minahasa Selatan bagian utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud.

Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 12.00 Wita.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com