Connect with us

Zona Bolmong Raya

13 petahana DPRD Bolmong tumbang, 10 masih “sakti”

Published

on

Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2019 KPU Bolmong. (Foto: itd)

BOLMONG, ZONAUTARA.com -Berdasarkan pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2019, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow, tercatat sebanyak 13 anggota DPRD Bolmong petahana dipastikan tumbang.

Di daerah pemilihan (Dapil) 1 (Lolak, Sangtombolang) ada Vera Moren Pandelaki (Golkar), Slamet Kohongia (Demokrat), dan Esra Panese (Gerindra).

Sedangkan di Dapil 2 (Poigar, Bolaang, Bolaang Timur) ada nama Tedi Nikijuluw Jong (Gerindra), dan Evanglin Mahabir (PAN).

Di Dapil 3 (Passi Barat, Passi Timur, Bilalang) sang incumbent Thamrin Mokoginta (Demokrat) juga dipastikan gagal mendapatkan kursi kembali.

Sementara di Dapil 5 (Dumoga, Dumoga Timur, Dumoga Tenggara) ada Elsye Pitoy (PDIP), Suni Jumensi Agrid Dampi (PDIP), Robby Garry Giroth (Golkar), Ramly Manggopa (Demokrat) dan Ferry Rengkuan (PAN).

Dan terakhir Dapil 6 (Dumoga Barat, Dumoga Utara, Dumoga Tengah) ada I Nengah Sukarma (PDIP) dan I Made Suarinta (PAN).

Lima petahana lainnya, Swempri Rugian (PDIP), Sunyoto Paputungan, (Demokrat), Dony Lumenta (Demokrat), Musli Manoppo (PAN), dan Ahadin Mamonto (PAN) memilih pensiun dan tidak kembali mencalonkan diri pada Pemilu Legislatif 2019.

Sedangkan Yusra Alhabsyi (PKB) dan Deddy Senduk (Gerindra) memilih bertarung di tingkat yang lebih tinggi yakni DPRD Provinsi Sulut, Dapil Bolaang Mongondow Raya.

Berbeda dengan 10 incumbent penghuni gedung rakyat Bolmong lainnya yaitu, Tonny Tumbelaka (PDIP), Lesly Lanny Kaligis (PDIP), Mas’ud Lauma (PDIP), Welty Komaling (PDIP), Sutarsih Mokodompit (PKB), I Ketut Sukadi (Golkar), Marthen Tangkere (Golkar), Abdul Kadir Mangkat (Golkar), Mohammad Syahrudin Mokoagow (PKS), dan Chindra Opod (Nasdem).

Mereka bersama 20 orang pendatang baru dipastikan melenggang mulus untuk DPRD Bolmong periode 2019-2024.

Di sisi lain, Komisioner KPU Bolmong Divisi Data dan Informasi, Afif Zuhri mengatakan, pleno yang selesai digelar, Jumat (3/5/2019), baru sebatas rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara.

Menurut Afif, pleno penetapan kursi akan digelar setelah pleno rekap perolehan suara ini selesai hingga tingkat nasional dalam hal ini KPU RI.

“Penetapan kursi kemungkinan nanti sekitar Juni atau Juli 2019. Sembari kita menunggu jangan sampai ada gugatan atau sengketa dari Parpol maupun Caleg. Jadi ini belum final,” singkatnya. (itd)

Editor: Ronny Adolof Buol

Zona Bolmong Raya

Modus ‘papa minta tiket’ catut nama Kadis Kominfo Bolmong

Meminta pinjamam uang Rp 10 juta.

Published

on

By

BOLMONG, ZONAUTARA.com–Aksi penipuan dengan mencatut nama pejabat daerah kembali terjadi. Kali ini, nama Kepala Dinas Kominfo, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Parman Ginano dimanfaatkan dengan niat mencari keuntungan.

Namanya dicatut oknum tak bertanggung jawab untuk minta biaya tiket, kepada Chief Executife Officer PT IMQ Multimedia Utama, Darmadi, Senin (15/7/2019).

Motifnya, pelaku melalui sambungan telepon yang sempat direkam itu, mengaku sebagai Kepala Diskominfo Bolmong, dan meminta pinjamam uang senilai Rp 10 juta. Alasannya untuk keperluan tiket rombongan Bupati bersama sejumlah pejabat Bolmong ke Jakarta.

“Awalnya untuk keperluan konsumsi, kemudian diganti untuk keperluan tiket. Alasannya, Pemkab Bolmong saat ini lagi kekosongan dana,” begitu pembicaraan yang terekam.

Kendati diketahui bahwa telepon tersebut merupakan modus penipuan, namun Darmadi terus menanyakan maksud dan tujuan permintaan pinjaman dana itu.

Pelaku kemudian menjelaskan, acara yang baru saja diikuti merupakan acara besar sehingga mereka kehabisan dana dan akan diganti keesokan harinya.

“Ini Pak Parman kan?,” tanya Darmadi.

Dalam rekaman, Darmadi menanyakan apakah Parman sudah mengganti nomor telepon. Pasalnya, nomor yang digunakan pelaku, berbeda dengan nomor yang sudah tersimpan di kontak Darmadi. Namun, si pelaku berkilah bahwa itu nomornya yang satu lagi.

“Nomornya ganti lagi ya Pak,” tanya Darmadi lagi.

“Iya, nomor WA yang satu, dan nomor telepon yang ini,” jawab oknum yang mengaku pejabat tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Parman Ginano, kepada wartawan mengaku kaget dengan aksi penipuan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Itu tidak benar. Mana ada, kita minta uang tiket ke pelaksana acara. Bahkan acara sudah selesai,” ujar Parman, sambil tersenyum, Selasa (16/7/2019).

Beruntung, kata Parman, Darmadi tak mengiyakan permintaan itu.

Disisi lain, Parman menduga, moment kunjungan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow disela-sela pertemuan Kepala Dinas Kominfo se Indonesia di Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara di Wisma Antara, Jumat (12/7/2019), dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggungjawab. (itd)

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com