Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

HEADLINE

Tingkatkan kapasitas jurnalis, AJI Manado gelar berbagai pelatihan

Berbagai pelatihan itu bekerjasama dengan beberapa lembaga, seperti AJI Indonesia, Google News Initiative, Tempo Institute dan Internews.

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menggelar berbagai pelatihan sepanjang Mei 2019. Setidaknya ada tiga pelatihan secara beruntun dalam satu bulan.

Ketua AJI Manado, Lynvia Gunde menjelaskan, berbagai pelatihan yang digelar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis anggota AJI Manado.

“Dengan mengikuti berbagai pelatihan, diharapkan produk jurnalistik yang dihasilkan dari anggota AJI Manado bisa lebih berbobot. Sehingga masyarakat pembaca mendapat sajian jurnalistik yang bermutu,” kata Lynvia.

Pada Jumat (10/5/2019), sebanyak 25 jurnalis telah mengikuti Pelatihan Jurnalisme Data. Pelatihan yang digelar di Hotel Grand Puri Manado itu menghadirkan trainer dari AJI Indonesia, Bayu Wardhana.

Bayu yang juga mengawangi Independen.id menjelaskan platform jurnalismedata.id telah disediakan oleh AJI sebagai sarana mempelajari tentang jurnalisme data.

“Jurnalisme data masih sangat baru di Indonesia, ini membutuhkan keterampilan tertentu. Kami perlu lebih gencar mensosialisasikan platform jurnalismedata.id, agar semakin banyak jurnalis yang tertarik dan menerapkan jurnalisme data,” kata Bayu.

Pada Senin (13/5) besok, AJI Manado juga akan menggelar Workshop Clinic Investigasi Bersama Tempo Institute. Sebanyak 50 jurnalis anggota AJI Manado maupun yang bukan anggota diajak belajar bagaimana melakukan peliputan investigasi.

Pemateri pada pelatihan yang digelar di Sarang Inovasi tersebut, selain dari Tempo Institute juga dari beberapa pembicara lokal.

Kemudian pada akhir pekan nanti, selama dua hari (17-18/5), AJI Manado akan menggelar Google News Initiative Training Network. Workshop selama dua hari ini akan memberikan pengetahuan kepada 25 jurnalis bagaimana melakukan verifikasi dan cek fata sebuah informasi.

“Kami berharap, jurnalis yang mengikuti training bersama Google News Initiative dan Internews ini punya pengetahuan yang cukup dalam mengidentifikasi informasi hoax sebelum membuat berita,” ujar Sekretaris AJI Manado, Fernando Lumowa.

Tak hanya untuk jurnalis, AJI Manado juga memberi kesempatan bagi mahasiswa, masyarakat umum, blogger serta aktifis untuk belajar memerangi hoax.

Sebanyak 50 peserta dari berbagai kalangan, terutama mahasiswa akan diundang oleh AJI Manado yang didukung Google News Initiative dan Internews dalam Half Day Hoax Busting and Digital Hygiene, pada Kamis (16/5).

HEADLINE

Jelang 22 Mei, Amien Rais dipanggil polisi

Dia diperiksa sebagai saksi Eggi Sudjana dengan tuduhan makar.

Published

on

Amien Rais (Foto: Reuters)

ZONAUTARA.com – Polisi mengagendakan pemanggilan terhadap Amien Rais. Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional itu dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, hari ini Senin (20/5/2019).

Pemeriksaan terhadap Amien Rais sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana yang telah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka, Selasa (14/5) dalam dugaan makar.

Eggi sebelumnya dilaporkan oleh politisi PDI Perjuangan Dewi Tanjung karena dianggap menyerukan people power bagi pendukung Prabowo-Sandiaga untuk menolak hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Juru Bicara Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa semua kemungkinan bisa terjadi, saat menjawab pertanyaan wartawan apakah Amien Rais bisa menjadi tersangka.

Sebelum memanggil Amien Rais, polisi juga telah memeriksa Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen yang juga diperiksa sebagai saksi Eggi.

Jelang pengumuman hasil Pemilihan Presiden oleh KPU pada Rabu, 22 Mei nanti, tensi politik dan keamanan meningkat. Masyarakat berharap proses demokrasi tidak rusak hanya karena ada kelompok yang tidak puas.

Baik penyelenggara pemilu maupun pemerintah, menghimbau pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu bisa menempuh langkah hukum sesuai dengan undang-undang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending