Connect with us

HEADLINE

Tingkatkan kapasitas jurnalis, AJI Manado gelar berbagai pelatihan

Berbagai pelatihan itu bekerjasama dengan beberapa lembaga, seperti AJI Indonesia, Google News Initiative, Tempo Institute dan Internews.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menggelar berbagai pelatihan sepanjang Mei 2019. Setidaknya ada tiga pelatihan secara beruntun dalam satu bulan.

Ketua AJI Manado, Lynvia Gunde menjelaskan, berbagai pelatihan yang digelar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis anggota AJI Manado.

“Dengan mengikuti berbagai pelatihan, diharapkan produk jurnalistik yang dihasilkan dari anggota AJI Manado bisa lebih berbobot. Sehingga masyarakat pembaca mendapat sajian jurnalistik yang bermutu,” kata Lynvia.

Pada Jumat (10/5/2019), sebanyak 25 jurnalis telah mengikuti Pelatihan Jurnalisme Data. Pelatihan yang digelar di Hotel Grand Puri Manado itu menghadirkan trainer dari AJI Indonesia, Bayu Wardhana.

Bayu yang juga mengawangi Independen.id menjelaskan platform jurnalismedata.id telah disediakan oleh AJI sebagai sarana mempelajari tentang jurnalisme data.

“Jurnalisme data masih sangat baru di Indonesia, ini membutuhkan keterampilan tertentu. Kami perlu lebih gencar mensosialisasikan platform jurnalismedata.id, agar semakin banyak jurnalis yang tertarik dan menerapkan jurnalisme data,” kata Bayu.

Pada Senin (13/5) besok, AJI Manado juga akan menggelar Workshop Clinic Investigasi Bersama Tempo Institute. Sebanyak 50 jurnalis anggota AJI Manado maupun yang bukan anggota diajak belajar bagaimana melakukan peliputan investigasi.

Pemateri pada pelatihan yang digelar di Sarang Inovasi tersebut, selain dari Tempo Institute juga dari beberapa pembicara lokal.

Kemudian pada akhir pekan nanti, selama dua hari (17-18/5), AJI Manado akan menggelar Google News Initiative Training Network. Workshop selama dua hari ini akan memberikan pengetahuan kepada 25 jurnalis bagaimana melakukan verifikasi dan cek fata sebuah informasi.

“Kami berharap, jurnalis yang mengikuti training bersama Google News Initiative dan Internews ini punya pengetahuan yang cukup dalam mengidentifikasi informasi hoax sebelum membuat berita,” ujar Sekretaris AJI Manado, Fernando Lumowa.

Tak hanya untuk jurnalis, AJI Manado juga memberi kesempatan bagi mahasiswa, masyarakat umum, blogger serta aktifis untuk belajar memerangi hoax.

Sebanyak 50 peserta dari berbagai kalangan, terutama mahasiswa akan diundang oleh AJI Manado yang didukung Google News Initiative dan Internews dalam Half Day Hoax Busting and Digital Hygiene, pada Kamis (16/5).

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

HEADLINE

Kami melaporkan kebenaran dalam 3 laporan mendalam

Ada tiga tema laporan mendalam kami yang sudah tayang dalam sepekan ini, yaitu Dana Desa, Sampah, dan Dugaan Korupsi Miangas.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Sebagai media – kata Noam Chomsky – yang independen dan berkomitmen untuk menemukan dan melaporkan kebenaran, Zona Utara pada usia yang masih hijau terus mencari formula jurnalistik yang pas jadi bacaan publik.

Ada tiga tema laporan mendalam kami yang sudah tayang dalam sepekan ini, yaitu Dana Desa, Sampah, dan Dugaan Korupsi Miangas. Melalui laporan mendalam itu, Zona Utara berusaha menjadi media yang tak sekadar menyajikan berita serta ingin menunjukkan sesuatu, meski secara teknis barangkali belum tuntas akibat desakan deadline yang tak bisa ditawar lagi.

“media are independent and committed to discovering and reporting the truth, and that they do not merely reflect the world as powerful groups wish it to be perceived.”

Noam Chomsky dalam Manufacturing Consent: The Political Economy of the Mass Media

Terima kasih untuk Aliansi Jurnalis Independen (lebih familiar dengan singkatannya: AJI) yang memberikan kesempatan emas melalui program Beasiswa Liputan Better Journalism for Better Accountablity. Para crew Zona Utara bisa belajar dan mengasah kemampuan jurnalistiknya, sekaligus sebagai tempat praktek perkembangan jurnalistik terkini, seperti data driven dan infografis.

Dana Desa di Minsel perlu topangan SDM yang mumpuni, Terus Bergelut Dengan Sampah, dan Telisik jalan lingkar di tapal batas kami hadirkan dalam tulisan yang cukup panjang disertai sajian visualisasi data dan desian visual menarik.

Selamat membaca!

Tabea!

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com