Connect with us

Hukum dan Kriminal

Terbukti lakukan pungli, dua oknum pegawai Dishub Minahasa dibui 1 tahun

Published

on

Sidang kasus pungli pegawai Dishub Minahasa di Pengadilan Tipikor Manado. (Foto: Humas Kejari)

MANADO, ZONAUTARA.com – Dua oknum pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Minahasa dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam bentuk pungutan liar (pungli) oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Manado, Rabu (15/5/2019).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tomohon melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Wilke H Rabeta.

Dia mengatakan, dua oknum petugas Dishub Minahasa tersebut, masing-masing Jantje Taroreh dan Marthen Kalalo dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam Pasal 12 huruf e juncto Pasal 12A Undang-Undang (UU) Tipikor

“Para terdakwa divonis pidana penjara selama 1 tahun dan denda sebesar Rp10 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan,” ungkap Rabeta.

Menurut dia, atas putusan tersebut, baik Jaksa Penuntut Umum (JPU) Elson S. Butarbutar dan para terdakwa menyatakan sikap pikir-pikir.

Diketahui, sebagaiama dalam dakwaan JPU Kejari Tomohon, para terdakwa diseret ke meja hihau atas aksi pungli terkait penerbitan Kartu Uji Kendaraan Bermotor (KUKB) dan Surat Keterangan Dispensasi Angkutan Khusus (SKDAK) pada saat melaksanakan operasi keselamatan dan kelengkapan administrasi kendaraan angkutan umum dan angkutan barang di Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa.

Editor : Christo Senduk

Hukum dan Kriminal

Polres Bitung amankan Sabu-sabu 107,6 Gram

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com Perang terhadap peredaran narkotika terus dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Kota Bitung. Melalui Satuan Reserse Narkoba, Polres Bitung berhasil mengamankan narkoba jenis sabu-sabu seberat 107,6 gram dari seorang lelaki.

Hal tersebut pun dibeberkan Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba Polres Bitung AKP Frelly Sumampouw, dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Bitung, Kamis (9/5/2019).

Frelly mengatakan, RI alias Iki Doyok (27) warga Mahawu, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, berhasil menangkap saat sedang membawa 107,6 gram sabu-sabu, pada Sabtu (4/5/2019), sekitar pukul 15.00 WITA, oleh Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Bitung.

Penangkapan terhadap pelaku bersama rekannya dilakukan di Kelurahan Winenet Dua, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, tepatnya di depan Hotel Nalendra.

“Saat Unit Opsnal sedang melakukan pemantauan di beberapa hotel yang ada di sekitar Kecamatan Aertembaga, terlihat dua orang dua orang lelaki yang mencurigakan,” ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Tomohon ini.

Menurut dia, salah satu di antara dua pria tersebut terlihat membawa tas hitam plastik berisi serbuk putih yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dan terisi dalam plastik putih tertutup lakban warna putih.

“Saat didekati pelaku terlihat gelisah dan setelah diperiksa dan digeledah ditemukan narkoba tersebut,” jelasnya.

Teman pelaku RP alias Rizal (27) dan kendaraan bermotor yang dikendarainya pun turut diperiksa oleh petugas, namun tidak ditemukan narkoba.

Pelaku RI alias Iki Doyok pun telah berstatus tersangka. Namun untuk lelaki RP alias Rizal hanya sebagai saksi yang mengantar pelaku.

Pelaku pun terancam dengan hukuman penjara seumur hidup.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement

Trending