Connect with us

CARI TAHU

10 terobosan teknologi yang diprediksi meningkat di 2019

Kehidupan manusia akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Published

on

ZONAUTARA.com – Bos Microsoft, Bill Gates memprediksi 10 terobosan teknologi di berbagai bidang yang akan meningkat pesat sepanjang tahun 2019.

Daftar teknologi inovatif itu merupakan kemajuan yang gemilang di bidang ilmu pengetahuan. Tentu saja, hasilnya akan membuat kehidupan manusia lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah melakukan aktifitas sehari-hari.

Kemajuan itu juga akan meningkatkan harapan hidup manusia di masa depan secara keseluruhan.

Apa saja daftar terobosan teknologi itu?

1. Memantau lewat pil

pixabay.com

Pil tak sekedar cara bagaimana obat bisa masuk ke dalam tubuh. Tetapi kini pil dapat digunakan untuk mendeteksi serta mencegah penyakit. Perangkat kecil berteknologi tinggi dibenamkan ke dalam pil, yang kemudian ditelan. Perangkat ini dapat mencegah penyakit dan perlambatan pertumbuhan fisik pada anak di seluruh dunia.

2. Vaksin kanker khusus

pixabay.com

Tak lama lagi, vaksin kanker akan diproduksi secara personalisasi sesuai kondisi pasien. Vaksin ini hanya menarget sel kanker dan tidak memengaruhi sel sehat. Ini dapat membantu pemulihan pasien lebih cepat dengan risiko yang kecil.

3. Burger tanpa daging

Produk makanan nabati dan yang ditanam di laboratorium idealnya akan mengurangi dampak lingkungan dari industri peternakan.

4. Kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang lancar berbicara

Teknologi kecerdasan buatan akan semakin maju, dan mampu melakukan percakapan layaknya manusia. Terbosan ini akan meningkatkan produktifitas sebesar 5%.

5. Sanitasi tanpa selokan

Pada akhirnya akan ada teknologi pengolahan limbah kering tanpa harus dibuang. Limbah kering akan diolah kembali menjadi produk yang berguna. Dan ini mencegah paparan efek limbah bagi berbagai penyakit.

6. EKG di pergelangan tangan

Jika selama ini deteksi jantung menggunakan setidaknya 12 node yang ditempelkan ke tubuh, kini cukup dengan satu alat deteksi EKG yang dipasangkan di pergelangan tangan.

7. Robot yang semakin tangkas

Teknologi di bidang robotik semakin maju. Robot akan menyamai ketangkasan manusia dalam mengerjakan tugas sehari-hari. Tak lama lagi robot akan membantu mencuci piring, menggendong orang sakit atau membantu membuat permainan anak.

8. Pencegahan kelahiran prematur

Kelahiran prematur menjadi momok dan kontribusi bagi kematian bayi dibawah lima tahun. Kini akan tersedia alat sederhana untuk mendeteksi kemungkinan kelahiran prematur.

9. Penangkap CO2

Kini karbon dioksida di udara akan semakin mudah ditangkap dan disaring untuk kegunaan lainnya, misalnya untuk pembuatan bahan bakar sintesis, pemanfaatan untuk minuman ringan dan membantu pertumbuhan tanaman di rumah kaca.

10. Tenaga nuklir gelombang baru

Jika selama ini membangun reaktor nuklir membutuhkan biaya dan risiko yang sangat besar, kini terobosan teknologi sudah bisa membangun reaktor nuklir mini yang dapat menghasilkan puluhan megawatt listrik. Reaktor mini ini akan lebih stabil dan murah secara finansial.

Walaupun hasil akhir dari teknologi ini masih akan membutuhkan waktu bertahun-tahun, namun setidaknya terobosan itu akan membantu manusia di berbagai aspek kehidupan.

Editor: Ronny Adolof Buol

ZONAPEDIA

Menelisik kepercayaan Mana Di Nusa Utara

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Bila melihat di masa pertengahan abad ke-16, masyarakat yang tinggal di wilayah Nusa Utara telah mengenal kepercayaan. Menurut D. Brilman dalam tulisannya berjudul Onze zendingsvelden, De zending op de Sangi – en Talaud – eilanden door, meski telah mengenal Kristen dan Islam namun pandangan hidup masyarakat lebih bersifat animisme. Lebih tepat lagi bila dinyatakan sebagai suatu campuran yang khas antara kepercayaan ‘mana’, penyembahan orang mati dan kepercayaan pada roh-roh dan dewa-dewa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘mana’ memiliki pengertian tenaga hidup yang tidak berpribadi dan ada pada manusia, binatang, tumbuhan, dan segala macam benda, biasanya untuk jimat atau fetis, serta membawa keberuntungan bagi pemiliknya, tetapi akan menimbulkan kerugian bagi orang yang tidak menghiraukannya (menurut padangan orang Melanesia).

Istilah ‘mana’ pertama kali digunakan oleh zendeling Inggris Codrington untuk menyatakan suatu tenaga sakti penuh rahasia. Tenaga ini menurut pengertian suku primitif berada dalam seluruh alam, dalam manusia dan binatang, dalam pepohonan dan tumbuhan, dalam segala sesuatu dan bisa mengerjakan baik kebahgiaan maupun pemusnahan.

Menurut Brilman dalam karyanya yang diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan (2000) dengan judul Kabar Baik di bibir Pasifik: zending di Kepulauan Sangihe dan Talaud, segala sesuatu dan istimewa yang luar biasa dan tak dapat diterangkan dianggap bersumber pada kuasa ini. Jika di dalam alam dan masyarakat tidak terjadi sesuatu yang kuar biasa, kuasa itu tetap ada tapi tak menampak.

Ia memberikan gambaran bahwa ‘mana’ bagaikan arus listrik pada suatu saat tidak mengalirkan arus listrik dan tidak berbahaya, tapi oleh suatu sebab kecil – umpanya ditekan suatu tombol – dapat mengakibatkan maut dan kemusnahan pada setiap orang yang terkena sentuhannya, demikian pula hanya menanti suatu hal kecil terjadi untuk menggerakkan kuasa terpendam ini, sehingga udara dan awan-awan pun mengalami pengaruhnya dengan akibat: kekeringan dan kerusakan tanaman, bahkan manusia pun dapat kehilangan nyawanya.

“Jadi adalah sangat penting diusahaka mencegah agar kuasa ini menimbulkan kesempatan untuk mereda dan menyebar melalui waktu penuh larangan-larangan (periode tabu), yang singkat atau berkepanjangan dalam waktu mana orang-orang harus tinggal secara tenang di rumah dan hanya melaksanakan pekerjaan yang penting-penting saja,” tulis Brilman.

Tapi, syukurlah, jelas Brilman, ada juga orang-orang, justru karena memiki fetis-fetis atau amulet-amulet (jimat-jimat) yang mempunyai kuasa sama yang begitu besar dalam diri mereka sehingga dapa menimbulkan suatu kuasa lawan. Dengan demikian dapat mengarahkan kuasa gelap itu, baik untuk kepentingan sesamanya (magi putih, dukun) maupun pribadinya, kerapkali dengan merugikan orang senasibnya (magi hitam, perempuan sihir/songko).

Editor: Rahadih Gedoan

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com