Connect with us

PRESS REVIEW

73 ribu titik api, hutan Amazon dilanda kebakaran hebat

Ini merupakan kebakaran kebakaran terburuk sejak 2013.

Bagikan !

Published

on

Foto dari Twitter @cmbenjini

ZONAUTARA.com – Hutan Amazon di Brasil yang menjadi salah satu paru-paru dunia terpenting dilanda kebakaran hebat sejak pekan lalu,

Setidaknya ada 73.000 titik kebakaran yang dideteksi satelit milik INPE (Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa) sepanjang tahun 2019 ini.

Angka itu meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan titik kebakaran tahun lalu. Kebakaran tahun ini juga merupakan kebakaran terburuk sejak 2013.

Sejumlah video yang tersebar di media sosial pada Rabu (21/08/2019) memperlihatkan asap berjelaga membumbung tinggi dari hamparan hutan yang menghijau. Kolom-kolom gelap itu terbawa angin, menyebar hingga jauh ke tenggara, sampai ke negara-negara tetangga seperti Peru dan Bolivia.

Langit kota Sao Paulo, Brasil, yang terletak sekitar 3.000 kilometer dari tempat kejadian, pekat dengan rona hitam. Matahari tertutup asap dan debu.

Hutan Amazon memiliki luas hampir separuh wilayah Amerika Serikat. Diperkirakan, hutan Amazon menghasilkan 20 persen pasokan oksigen di atmosfer bumi.

Amazon juga menjadi tempat hidup bagi tiga juta spesies tumbuhan dan hewan serta timbunan karbon terbesar –yang jika terlepas, akan mengancam pemanasan global.

Para pecinta lingkungan menuding kebakaran dipicu ebijakan Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang kelewat getol menggali potensi Amazon untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Presiden yang baru dilantik Januari lalu itu mendorong para petani membuka lahan baru guna membangun peternakan sapi.

BBC melaporkan, Kepala Program Amazon dari World Wide Fund for Nature (WWF), Ricardo Mello menyatakan kebakaran itu “merupakan konsekuensi dari deforestasi yang terus meningkat.”

Kebakaran hutan memang lazim terjadi di musim kemarau. Di Brasil, musim panas merupakan saat ketika para petani punya kesempatan membersihkan lahan dengan ongkos yang murah

Sebelum pemerintahan Bolsonaro, Brasil dinilai berhasil mengurangi deforestasi dengan menerapkan sistem denda dan penegakan hukum. Namun presiden baru justru mengkritik sistem denda ini dan malah menyunat bujet pengawasan hutan.

Beberapa pekan lalu, INPE mengumumkan data-data satelit yang menunjukkan deforestasi di Amazon yang kian meluas. Lembaga ini mengingatkan bahwa tingkat pembalakan liar di Amazon sudah berada pada level “berbahaya”.

Namun Bolsonaro menepis data-data tersebut, dan menyatakan bahwa citra satelit itu bohong belaka. Bolsonaro mengatakan peringatan soal deforestasi itu merugikan Brasil dalam negosiasi dagang dengan negara-negara lain.

Bolsonaro balik menuduh para pegiat lingkungan sebagai aktor di balik kebakaran hutan Amazon. Mereka sengaja membakar hutan sebagai balasan atas keputusan pemerintah yang memangkas bujet LSM.

“Itu sebabnya mereka marah dan mencoba menggerakkan kritik internasional kepada saya, kepada pemerintah Brasil. Ini perang yang kita hadapi,” kata Bolsonaro dalam jumpa pers, Rabu (21/8).

Bagikan !
Beri Donasi

PRESS REVIEW

Ini isi SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020

Dengan dibatalkannya UN Tahun 2O2O maka keikutsertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Mendikbud saat mengumumkan UN 2020 dibatalkan melalui Konferensi Video, Selasa (24/03/2020).(Image: Humas/Ibrahim)

ZONAUTARA.com – Berkenaan dengan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat, maka kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan.

Sehubungan dengan ha1 tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020, yang berisikan hal-hal sebagai berikut:

Satu, Ujian Nasional (UN):

a. UN Tahun 2020 dibatalkan, termasuk Uji Kompetensi Keahlian 2020 bagi Sekolah Menengah Kejuruan;

b. Dengan dibatalkannya UN Tahun 2O2O maka keikutsertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang Iebih tinggi;

c. Dengan dibatalkannya UN Tahun 2020 maka proses penyetaraan bagi lulusan program Paket A, program Paket B, dan program Paket C akan ditentukan kemudian.

Dua, proses Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun keluiusan;

b. Belajar dari Rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19;

c. Aktivitas dan tugas pembelajaran Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/ fasilitas belajar di rumah;

d. Bukti atau produk aktivitas Belajar dari Rumah diberi umpan baiik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.

Tiga, Ujian Sekolah untuk kelulusan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Ujian Sekolah untuk kelulusan dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya surat edaran ini;

b. Ujian Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya;

c. Ujian Sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh;

d. Sekolah yang telah melaksanakan Ujian Sekolah dapat menggunakan nilai Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan siswa. Bagi sekolah yang belum melaksanakan Ujian Sekolah berlaku ketentuan sebagai berikut:

1) kelulusan Sekolah Dasar (SD)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal). Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan;

2) kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan; dan

3) kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / sederajat ‘ ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Empat, Kenaikan Kelas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya Surat Edaran ini;

b. Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofoiio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya;

c. Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Lima, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara {isik di sekolah;

b. PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan:

1) akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir; dan/ atau

2) prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah;

c. Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan bantuan teknis bagi daerah yang memerlukan mekanisme PPDB daring.

Enam, Dana Bantuan Operasional Sekolah atau Bantuan Operasionai Pendidikan dapat digunakan untuk pengadaan barang sesuai kebutuhan sekolah termasuk untuk membiayai keperluan dalam pencegahan pandemi Covid19 seperti penyediaan alat kebersihan, hand sanitizer, disinfectant, dan masker bagi warga.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com