bar-merah

Mengapa channel Youtube Atta Halilintar dan Ria Ricis diminati?

ZONAUTARA.com – Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim memberi penjelasan soal channel milik Atta Halilintar dan Ria Ricis.

Baik Atta maupun Ria Ricis saat ini telah memiliki masing-masing 18,58 juta subscriber dan 16,44 juta subscriber.

“Mereka berdua ini pembuat konten (content creator) terbesar di Asia Pasifik. Jadi lebih besar dari Jepang dan Australia. Mereka membuat konten yang orang Indonesia suka menontonnya,” kata Muriel Makarim di Jakarta, beberapa waktu lalu (21/8).

Menurut Muriel, berdasarkan data yang dihimpun Google, pengakses YouTube di Indonesia itu menyukai konten terkait makanan, wisata serta kecantikan.

YouTuber yang fokus pada konten makanan dan wisata adalah Ria SW dan Patricia Gouw. Salah satu jenis kuliner yang diminati adalah minuman dengan boba (bubble drink).

“Kita bisa melihat, hubungan dari real world trend dengan ada apa yang terjadi YouTube,” katanya.

Konten kedua yang paling banyak diminati di Indonesia adalah soal kecantikan. Karena itu banyak bermunculan beauty influencer di Indonesia. Setidaknya menurut Muriel, kini ada 1.600 beauty blogger di Nusantara.

Berdasarkan catatannya, tutorial make up ataupun perawatan kulit untuk tampilan natural merupakan yang paling banyak dicari. Selain itu, konten mengenai cara memakai hijab untuk remaja banyak dicari.

“Pencarian untuk natural skincare, perawatan wajah itu naik empat kali lipat dibanding tahun lalu. Ini karena banyak orang yang ingin tahu make up, namun tetap terlihat natural,” kata Muriel.

Selain dari sisi konten, menurutnya YouTuber harus memahami tiga hal yakni keterjangkauan, wawasan mendalam (insight), dan aksi. Muriel menyampaikan bahwa pengguna YouTube mencapai sekitar 79 juta setiap bulannya. Penggunanya tidak hanya di kota besar, tetapi juga di daerah terpencil. Karena itu, pembuat konten harus memahami ketertarikan penonton di setiap wilayah.

“Konsumen di Indonesia tertarik menonton apa? Musik apa?” katanya. Dari situ, pembuat konten harus berani membuat konten dan fokus pada konsumen yang ingin ditarget. Hal-hal ini Muriel sampaikan dalam rangka strategi pemasaran bagi para pembuat iklan maupun YouTuber keseluruhan.

Adapun berdasarkan situs SocialBlade, Atta Halilintar memiliki 18,58 juta subscriber. Ia mengunggah 583 video dan sudah ditonton 1,6 miliar kali. Padahal, Atta baru bergabung di YouTube pada Januari 2014.

Sedangkan Ria Ricis memiliki 16,44 juta subscriber. Perempuan yang bergabung sejak Januari 2016 ini sudah mengunggah 668 video di YouTube. Videonya ditonton 1,96 miliar kali.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com