Manfaatkan media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Penulis: Ronny Adolof Buol
Pixabay.com

ZONAUTARA.com – Dulunya media sosial hanya diperuntukkan sebagai media berbagi cerita, informasi, dan menjadi sarana menghubungkan pertemanan.

Namun sering waktu, kini media sosial telah berkembang sangat pesat dan bisa dijadikan sebagai sumber pernghasilan.

Tak sedikit cerita sukses pemilik akun media sosial yang berhasil meraup penghasilan dari aktivitasnya di media sosial. Tak hanya dari kalangan selebriti bahkan orang biasa pun kini memanfaatkan media sosial sebagai sumber penghasilan tambahan.

Bahkan jika diseriusi, penghasilan dari media sosial dapat menjadi sumber utama penghasilan.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari media sosial?

1.YouTube

ZONAUTARA.com
Pixabay.com

Media sosial berbagi video ini memimpin dalam hal memberikan penghasilan bagi penggunanya. Upload konten vidoe yang berkualitas dan iklan dari Google Adsense akan menjadi sumber penghasilan anda.

Syarat minimal sebuah channel dapat termonetisasi (menjadi patnert publisher Google) adalah harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam waktu nonton dalam 6 bulan.

Jangan lupa, konten juga menjadi pertimbangan YouTube untuk menyetujui permintaan monetisasi. YouTube sangat peduli dengan hak cipta, jadi usahakan konten yang diupload adalah bikinan sendiri.

2.DailyMotion

ZONAUTARA.com
Manfaatkan media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan 6

Susah tembus di YouTube?, ada alternatif lain yakni buat channel di DailyMotion. Layanan berbagi video ini cukup mudah untuk bergabung menjadi patnert publisher mereka.

Cukup buat akun, lengkapi semua kolom isian yang diminta, anda langsung bisa menjadi patnert. Meski kualitas dan jumlah penonton akan menentukan apakah video anda disisipi iklan atau tidak, tapi tidak seperti YouTube yang mensyaratkan jumlah minimal subscriber, di DailyMotion tidak ada syarat itu. Bahkan, jika anda punya website sendiri, bisa langsung menjadi patnert DailyMotion.

3.Page Facebook

ZONAUTARA.com
Manfaatkan media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan 7

Kini akun Facebook anda bisa menjadi ladang mengeruk penghasilan. Caranya dengan membuat page di Facebook. Lalu cari follower minimal 10.000.

Kemudian upload video setidaknya berdurasi tiga menit, dan kumpulkan 30.000 tayangan video satu menit dalam video minimal tiga menit itu.

Jika syarat itu terpenuhi, maka page anda akan menjadi patner Facebook dalam menampilkan iklan. Beberapa orang yang sudah sukses monetasasi di page Facebook, mengaku pendapatannya lebih besar dari YouTube.

4.Instagram

ZONAUTARA.com
Pixabay.com

Pendapatan di Instagram lebih banyak dikumpulkan dari endorse. Syaratnya tentu anda harus memiliki banyak follower. Semakin banyak follower maka sponsor akan berdatangan.

Beberapa pemilik akun Instagram dengan ratusan ribu follower, mengaku sekali diendorse bisa mendapat penghasilan jutaan rupiah. Padahal yang dia lakukan hanya mengupload foto bersama produk endorsement.

Tertarik menjadikan media sosial anda sebagai sumber penghasilan? Bersegeralah, banyak tutorial yang bisa dipelajari di internet.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com