bar-merah

Hoax terkait Papua santer berhembus

zonautara.com
Hoax Isu Papua.(Image: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

ZONAUTARA.com – Peristiwa terkait Papua yang terjadi belakangan ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menyebar informasi palsu atau hoax. Turn Back Hoax, situs yang selama ini konsen membongkar keabsahan suatu berita atau gambar, menampilkan sedikitnya 3 hoax yang berkembang beberapa hari terakhir.

Tiga berita yang mengenai isu Papua kini kibarkan bendera Yahudi Israel, Masjid di Papua dibakar, dan Papua atau Timor Leste? diselidiki ternyata benar-benar hoax yang sengaja disebarkan oknum-oknum tertetu.

zonautara.com
Hoax Papua kibarkan bendera Israel.(Image: Turn Back Hoax)

Isu Papua kini kibarkan bendera Yahudi Israel yang dibagikan melalui page Dawai Laila merupakan video Youtube milik Ilham Ilmanulloh. Peristiwa dalam konten tersebut merupakan peristiwa yang berasal dari tahun 2018, bukan saat ini. Sayangnya, informasi hox tersebut sudah dibagikan 4.9 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

zonautara.com
Hoax Masjid Papua dibakar.(Image: Turn Back Hoax)

Isu Masjid di Papua dibakar yang dibagikan melalui pesan berantai ternyata merupakan konten video peristiwa kebakaran Masjid Agung Belopa di Luwu, Sulawesi Selatan, yang terjadi pada 29 Januari 2019.

zonautara.com
Hoax Papua atau Timor Leste?(Image: Turn Back Hoax)

Sedangkan isu Papua atau Timor Leste? Merupakan cuitan di akun twitter milik Pusat Penerangan TNI. Cuitan tersebut bernarasi, “Suasana sedih, haru, bangga bercampur tatkala satgas TNI akhiri masa tugasnya di Papua, ini di karekana masyarakat Papua Cinta TNI dan TNI juga cinta masyarakat papua serta rakyat Indonesia seluruhnya, stop berbuat anarkis dan provokatif mari bersama jaga Papua…”.

Cuitan itu spontan mengundang kecaman dari pengguna twitter lainnya. Akun hellena y souisa misalnya, menulis, “Setelah kemaren ngecap asal-asalan HOAX, sekarang malah nyebar HOAX. Ini video di mana, Min? Papua atau Timor Leste? Pusat Penerangan kok malah bikin gelap & menyesatkan.Tolong disuspend aja deh akun ini, @TwitterID & @kemkominfo. Ini link video aslinya: https://youtu.be/l65y9WiWhmY https://twitter.com/Puspen_TNI/status/1167402796661952512”.

Tokoh Papua sesalkan isu tidak benar

Tokoh Papua Freddy Numberi pada kesempatan konferensi pers yang dilaksanakan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Jumat (30/08/2019), menyesalkan peristiwa di Papua sekarang ini. Menurutnya, situasi di Papua membuat sedih. Kenapa hal itu bisa terjadi?

“Saya pikir pada era Pak Jokowi banyak sekali kemajuan yang dilakukan namun memang ada hal-hal kecil yang belum tersentuh. Dan itu kita akui sebagai pemerintah itu akan kita terus sempurnakan secara bertahap,” kata Freddy.

Memang, imbuh Freddy, jadi masalah manakala ada isu-isu yang tidak benar diangkat menjadi pemicu akhirnya situasi kayak begini tegang dan sebagainya.

“Dan ini kita sesalkan,” ujarnya sembari berharap agar memercayakan kepada pemerintah untuk dapat menyelesaikan semua masalah Papua dengan baik.  

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com