bar-merah

Ini sebagian wisata di destinasi super prioritas Likupang

wisata sulut pantai pulisan
Pantai Pulisan di Likupang, Minahasa Utara. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

MANADO, ZONAUTARA.com – Perhatian stakeholder kepariwisataan di Sulawesi Utara kini tertuju ke Likupang, Minahasa Utara. Sebabnya adalah destinasi ini ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas yang digenjot oleh Kementerian Pariwisata.

Di Likupang saat ini tengah dikebut pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Pembangunan ini akan menambah keunggulan Sulawesi Utara sebagai destinasi wisata baru selain Bali.

Banyak destinasi yang berpotensi berkembang di wilayah Likupang. Beberapa diantaranya kami sajikan dibawah ini:

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga adalah pulau tak berpenghuni yang berada Kecamatan Likupang, Minahasa Utara. Pulau ini punya luas hanya sekitar 8 hektare, tidak terlalu besar namun punya potensi wisata yang luar biasa. Dari kejauhan saja, sudah tampak pulau ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih halus, yang kontras dengan birunya lautan.

Selain punya pasir putih yang bersih. Pulau Lihaga juga punya alam bawah laut yang menarik untuk dijelajahi. Tak perlu jauh-jauh, menyelam atau snorkeling di dekat pantai saja sudah tampak ikan-ikan cantik berenang dengan bebasnya.

Untuk mencapai Pulau Lihaga, kita harus menempuh perjalanan sekitar 90 menit dari Kota Manado menuju Likupang, tepatnya di pelabuhan Serei. Setelah tiba di Likupang, kita melanjutkan perjalanan kurang lebih 40 menit dengan menggunakan perahu nelayan. Harga sewa perahu sekitar Rp800.000 untuk 20 orang penumpang.

Pulau Lihaga di Minahasa Utara. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

Pantai Pulisan

Pantai Pulisan sedikit berbeda dengan kawasan wisata pantai lainnya di Sulawesi Utara. Pantai ini memiliki tiga bagian pantai yang dipisahkan oleh tebing batu yang menjorok ke laut. Area paling favorit di Pulisan ini adalah gua di dekat pantainya. Sebenarnya ini hanya sebuah tebing batu yang berbentuk menyerupai gua, dan bersentuhan langsung dengan laut. Untuk masuk ke area pantai, kita dikenai dana pengembangan desa senilai Rp5.000. Bagi yang ingin memompa adrenalin, bisa menikmati banana boat, dengan biaya sewa Rp25.000 per orang.

Bukit Pulisan

Ini masih dalam kawasan pantai Pulisan. Bukit Pulisan memperlihatkan hamparan padang rumput dengan pemandangan laut yang indah. Untuk menuju ke puncaknya, kita harus melewati perjalanan yang agak menantang selama satu jam. Namun, saat mencapai puncak, perjuangan kita bakal terbayar lunas karena keindahannya. Boleh dibilang ini salah satu spot terbaik menikmati kawasan Pantai Pulisan dan Tanjung Pulisan.

Pulau Gangga

Pulau Gangga merupakan pulau kecil yang berdekatan dengan pulau Lihaga ini sering jadi destinasi diving  incaran wisatawan. Tak heran karena banyak biota laut dan terumbu karang yang memesona di bawah lautnya. Untuk mencapai Pulau Gangga, kita harus naik speedboat sekitar 40 menit.

Sumber: Pesona Travel



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com