bar-merah

Pemilihan Duta-Duta Wisata hanya ajang popularitas semata?

zonautara.com
Status FB Celline Sandil.(Image: captured from Facebook)

ZONAUTARA.com – Akun Facebook (FB) bernama Celline Sandil tiba-tiba jadi sorotan netizen. Ia menulis kritik terhadap pemilihan duta wisata.

Narasinya adalah:

  • Hakikatnya, acara pemilihan duta wisata hanya dinilai dari pengetahuan dan kematangan individu, bukan dari sudut pandang sosial. Seharusnya pemenang dari kegiatan ini adalah orang yang telah berbuat banyak untuk kemajuan daerahnya. Kata kuncinya adalah telah berbuat dan bukan telah berteori saja atau punya ilmunya. Akhirnya ketika sang pemenang hanya dinilai dengan kriteria tersebut, output pemilihan duta wisata tidak akan tercapai. Buktinya, pemilihan duta wisata yang digelar di beberapa daerah dalam sekian tahun terakhir, selama itu pula kita tidak bisa melihat pembuktian dari para duta wisata. Pada akhirnya kita hanya melihat sebuah kegiatan rutinitas tanpa hasil yang jelas. Beginilah nasib bangsa ini yang selalu menghabiskan uang rakyat tetapi bukan untuk rakyat. Mengkritik persoalan ini jelas tidak akan membawa banyak perubahan, karena persoalannya terletak pada kriterianya. Pastikan pemenangnya adalah orang yang mempunyai knowledge, skill, dan attitude yang baik yang diaplikasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya, tujuan pemilihan duta wisata sendiri sudah menyimpang dari tujuan awalnya, yang memilih duta untuk mewakili kebudayaan daerahnya sendiri. Kebanyakan peserta menjadikan ajang ini sebagai pencarian popularitas dan tampil belaka. Beberapa pengetahuan yang mereka miliki tentang kebudayaan daerah hanyalah informasi seadanya dari bacaan-bacaan yang mereka hafalkan selama proses pemilihan. Walaupun tidak sedikit yang mengakui potensi individual dan karakteristik dari pemenang duta wisata tersebut. Namun, peranan dan kontribusi mereka sebagai duta wisata yang notabene ikon daerah setempat masih jarang kita dengar. Sementara ini tugas duta wisata masih samar-samar, seharusnya dilakukan perubahan terhadap kriteria dan outcome-nya supaya duta wisata dapat menjadi sebuah ajang yang benar-benar berguna. Terlebih pada kenyataannya pemenangnya belum mampu membuktikan kalau mereka bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka dapatkan. Sebagai tambahan, fakta bahwa duta wisata mayoritas berstatus pelajar dan mahasiswa, juga menyulitkan perkembangan ide dan kontribusi mereka karena kesibukan pribadi. Lain halnya apabila mereka dicutikan dan dipekerjakan untuk Dinas Pariwisata sebagai staf pengembangan dan promosi pariwisata. Jadi untuk mengatakan bahwa duta wisata adalah pajangan kurang lebih tepat. Sebab, setelah event duta wisata mereka tidak diberdayakan dengan maksimal untuk keperluan Dinas Pariwisata sehingga pada akhirnya hanya muncul pada saat acara-acara seremonial semata.

Kepala Dinas Pariwisata Sangihe Jeffry Tilaar yang merupakan stakeholder kepariwisataan di Kabupaten Kepulauan Sangihe menilai bahwa event pemilihan Ungke-Momo sebagai ajang pemilihan Duta Wisata merupakan salah satu bentuk pembinaan generasi muda serta untuk menumbuhkan kecintaan serta kualitas terhadap sapaan Ungke dan Momo.

“Soal  siapa yang dipercayakan sebagai Ungke-Momo atau pemegang gelar tentunya melalui proses dan  banyak aspek yang dinilai. Tentunya berharap melalui event ini akan muncul generasi muda handal yang punya kopetensi serta boleh jadi Duta Wisata daerah yang intinya boleh jadi teladan atau panutan bagi orang lain,” kata Jeffry, Selasa (02/09/2019).

Celline sendiri yang dihubungi secara terpisah, memberikan klarifikasi bahwa secara tulisan di postingan FB tersebut sebenarnya bersifat umum dan tidak dikhususkan untuk daerah atau instansi tertentu. Sehingga dirasa agak kurang pas jika meminta konfirmasi ke Kepala Dinas Pariwisata Sangihe.

“Sejatinya masalah yang saya tulis, mungkin atau barangkali bisa ditemukan di daerah mana saja dan pada helatan apa saja,” sebut Celline yang meluruskan tulisan di akun FBnya.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com