Connect with us

Wisata dan Perjalanan

Kunjungan Wisman ke Sulut Juli 2019 capai 11.207 orang

Dibandingkan dengan kunjungan Wisman bulan yang sama tahun sebelumnya Juli 2018 menurun sebesar 5,63 persen.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang datang ke Sulawesi Utara (Sulut) melalui pintu masuk bandara Sam Ratulangi bulan Juli 2019 sebanyak 11.207 orang. Bila dibanding secara month to month (m to m) dengan bulan Juni 2019 meningkat sebesar 34,34 persen.

Menurut Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), capaian itu jika dibandingkan dengan kunjungan Wisman bulan yang sama tahun sebelumnya Juli 2018 menurun sebesar 5,63 persen.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Sulut Marthedy M Tenggehi mengatakan, Wisman didominasi oleh warga Tiongkok sebanyak 9.793 orang (87,41 persen), diikuti oleh Jerman 159 orang (1,42 persen), Amerika 131 orang (1,17 persen).

Sumber: BPS Provinsi Sulut

Sementara untuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sulut pada bulan Juli 2019, imbuhnya, mencapai 67.30 persen.

“Jumlah tersebut meningkat 6,82 poin atau sebanyak 11,28 persen dibanding TPK bulan Juni 2019,” terang Marthedy, Senin (02/09/2019.

Dijelaskannya, Rata-rata lama menginap tamu (RLMT) hotel berbintang bulan Juli 2019 mencapai 2,32 hari menurun 0,08 poin dibanding bulan Juni 2019.

“Sedangkan Rata-rata lama menginap tamu asing atau RLMT Asing hotel berbintang bulan Juli 2019 mencapai 3,91 hari menurun 0,72 poin dibanding bulan Juni 2019.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: ww88.com

  2. Pingback: 카지노사이트

  3. Pingback: forum

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Wisata dan Perjalanan

Negara mana yang bebas virus corona? Tengok 5 negara indah ini

Selain kecil dan terpencil, beberapa negara jarang dikunjungi orang asing.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Saat ini sudah ada 181 negara yang melaporkan adanya kasus penularan covid-19. Mulai dari Amerika yang terparah dengan lebih dari 300 ribu orang terinfeksi, hingga Falkland Island, Papua New Guinea dan Timor Leste yang hanya ada satu kasus positif.

Lalu, negara mana sajakah yang belum ada kasus penularan virus corona?

Dari beberapa sumber, ada 18 negara yang hingga kini belum melaporkan adanya kasus covid-19. Negara -negara yang masih bebas virus corona diantaranya Tuvalu, Vanuatu, Sudan Selatan, Lesotho dan Yaman.

Tuvalu

Ini adalah negara terkecil keempat di dunia. Negara ini mengklaim menjadi salah satu negara yang belum terpapar covid-19. Tuvalu menjadi contoh untuk negara-negara besar lainnya karena berusaha mencapai 100 persen penggunaan pembangkit listrik terbarukan pada 2025 untuk mengurangi polusi.

Tuvalu termasuk tujuh dari 10 tempat paling jarang dikunjungi di dunia karena kondisinya yang sangat terpencil. Penduduk di Tuvalu hanya mencapai 10 ribu orang, yang menempati wilayah seluas 26 kilometer persegi dalam pada sembilan distrik.

Tuvalu yang bahkan lebih kecil dari negara Vatikan, memperoleh kemerdekaannya pada 1 Oktober 1978 dari Pemerintahan Britania Raya (Inggris). Bentuk pemerintahan di Tuvalu adalah monarki konstitusional. Ibukotanya adalah Funafuti.

Vanuatu

Negara ini terletak di kawasan sebelah timur Australia dan di sebelah Selatan Kepulauan Solomon. Bangsa Melanesia seperti orang Papua menghuni Vanuatu.

Penduduk Vanuatu sekitar 276 ribu yang menempati wilayah 12 ribu kilometer persegi. Distribusi informasi di Vanuatu masih sangat terbatas, sehingga negara ini terlihat masih tradisional.

Penduduk Vanuatu bergantung pada hasil pertanian, peternakan dan perburuan. Namun demikian, Vanuatu memiliki kawasan pesisir yang asri dan damai.

Menurut PBB, Vanuatu belum terpapar virus corona karena sangat jarang dikunjungi oleh orang asing.

Lesotho

Lesotho adalah salah satu negara miskin yang ada di Afrika. Belum ada laporan juga soal paparan virus corona di negara kecil ini.

Lesotho adalah sebuah negara enklave yang terkurung di Afrika bagian selatan dengan ukuran wilayah sekitar 30.000 KM2, populasinya hanya sekitar 2 juta orang.

Negara yang berada di bawah garis kemiskinan ini merdeka dari Britania Raya pada 3 Oktober 1966.

Sudan Selatan

Meski belum ada kasus positif covid-19, namun pemerintah negara Sudan Selatan telah melakukan lockdown di negaranya. Semua aktivitas sudah diberhentikan guna mencegah virus corona masuk ke negara itu.

Mereka juga sudah melakukan upaya social distancing dalam interaksi sosial penduduknya. Seluruh pesawat yang tiba di Sudan Selatan disemprot disinfektan.

Republik Sudan Selatan adalah sebuah negara di Afrika Timur, dengan ibukota Juba. Wilayah Sudan Selatan terkurung di antara negara-negara seperti Ethiopia, Kenya, Uganda, Kongo serta Sudan.

Sejarah Sudan Selatan merupakan perjalanan panjang perang saudara sejak Sudan Anglo Mesir hingga Sudan Selatan mencapai kemerdekaannya pada 9 Juli 2011.

Yaman

Negara ini masih dalam kondisi pasca pemberontakan dan perang. Namun belum ada laporan soal penyebaran virus corona di di Yaman.

Republik Yaman adalah sebuah negara di jazirah Arab di Asia Barat Daya yang merupakan bagian wilayah Timur Tengah.

Yaman berbatasan dengan Laut Arab di selatan, Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah Utara.

Banyak orang keturunan Arab di Indonesia berasal dari Yaman, yang punya luas negara sekitar 530 ribu KM2 dengan 23 juta penduduknya. Yaman punya lebih dari 200 pulau.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com