Connect with us

ZONAPEDIA

Enam langkah strategis perkuat industri manufaktur

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu (04/09/2019), menyepakati enam langkah strategis untuk perkuat kinerja industri manufaktur guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, berkelanjutan, dan inklusif.

Enam langkah strategis dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan efisiensi logistik melalui pembangunan infrastruktur, seperti Pelabuhan Patimban dan pendukungnya.
  2. Mendukung peningkatan iklim investasi melalui sistem perizinan dengan mengimplementasikan Online Single Submission (OSS) versi 1.1.
  3. Mendukung harmonisasi regulasi dan program kebijakan untuk meningkatkan produktivitas industri, antara lain melalui penerbitan ketentuan pelaksanaan super deductible tax dan penerbitan penyempurnaan ketentuan pendukung Kendaraan Ramah Lingkungan.
  4. Mendukung kelancaran sistem pembayaran melalui (i) perluasan kerja sama Local Currency Settlement untuk perdagangan internasional dengan dua negara mitra; (ii) perluasan kerja sama Local Currency Settlement untuk investasi (Malaysia, Thailand); serta (iii) pengembangan sistem pembayaraan melalui perluasan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan peluncuran Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS).
  5. Mendorong pembiayaan melalui pembiayaan yang berwawasan lingkungan (green financing) melalui pelonggaran loan to value (LTV) dan uang muka, serta pelebaran Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM) dan perluasan cakupan komponen sumber funding.
  6. Mendukung promosi perdagangan dan investasi industri manufaktur melalui (i) fasilitasi negosiasi untuk menjadi pemasok brand global; (ii) percepatan ratifikasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement / IA-CEPA) dan negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement / IEU-CEPA); (iii) pemanfaatan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Chili (Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement/ IC-CEPA); (iv) penyelenggaraan West Java Investment Summit (IRU-RIRU-GIRU); dan (v) pameran, misi dagang, serta business matching, antara lain Trade Expo Indonesia di Jakarta.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Menyambut “new normal”, berikut persiapan yang diperlukan

Persiapan mental juga perlu dilakukan.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Menyambut new normal, kita akan kembali beraktivitas seperti biasa di luar rumah. Akan tetapi, jangan lupa bahwa pandemi virus corona masih belum selesai, dan masyarakat harus tetap waspada.

Untuk menjadi masyarakat produktif, tetap aman dari Covid-19 ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Selain terus menerapkan disiplin diri dengan menaati protokol kesehatan untuk rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan, pemerintah telah mempersiapkan beberapa panduan menuju new normal.

Pelajari beberapa ketentuan dalam panduan, sehingga Anda bisa berperan aktif memantau apakah tempat bekerja Anda sudah menerapkannya untuk kepentingan bersama. Panduan yang telah dikeluarkan pemerintah di antaranya adalah panduan new normal di perkantoran dan industri serta panduan new normal di sektor jasa dan perdagangan.

Disamping protokol panduan tersebut, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk menghadapi kehidupan kenormalan yang baru. Secara pribadi, persiapkan mental untuk menerima segala perubahan kebiasaan yang akan terjadi.

Semua orang diminta berperilaku hidup sehat dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang selama ini sering didengungkan.

Protokol pencegahan itu di antaranya:

• Selalu menggunakan masker jika bepergian ke luar rumah.

• Memahami etika batuk.

• Tidak keluar rumah jika tak memiliki kepentingan mendesak.

• Rajin mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%.

• Tidak bertukar barang dengan orang lain di tempat kerja, misalnya membawa piring, gelas, dan sendok sendiri.

• Menghindari kerumunan.

Selain itu, di era yang banjir informasi ini, pastikan Anda juga mengakses informasi yang terverifikasi sehingga tidak panik jika mendapatkan informasi terkait kebijakan di era new normal nanti.

Website resmi pemerintah mengenai penanganan COVID-19 bisa Anda akses melalui situs: covid19.go.id.

Pastikan pula Anda menjaga kesehatan dengan menjaga imunitas tubuh, salah satunya dengan menjaga pikiran tetap positif dan hati gembira. Stay healthy!

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com