bar-merah
zonautara.com
Playing game.(Image: pexels.com/Tan Danh)

ZONAUTARA.com Kata e-sports sejauh ini masih asing di telinga sebagian masyarakat. Tapi jangan ditanya lagi kepada penggemar game. Para gamers seperti mobile legends dan PUBG pasti akan mudah menjawab bahwa e-sports adalah olahraga yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, konsol, handphone, dan sebagainya.

E-sports sendiri adalah kependekan dari electronic sports, yaitu olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh profesional. E-sports menggambarkan permainan video game yang bersifat kompetitif.

Cikal-bakal e-sports berawal dari masa komputer masih jarang ditemui, tak ada jaringan internet dan belum banyak judul video game, sebuah kompetisi game diadakan di Universitas Stanford tahun 1972.

Para murid diundang ke dalam sebuah kompetisi yang diberi nama sebagai Intergalactic Spacewar Olympic, sebuah kompetisi untuk game yang berjudul Spacewar dan hanya berhadiah satu tahun langganan majalah Rolling Stone yang tengah hits pada zamannya.

Sekarang ini fenomena e-sports terus berkembang dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari gamers, media, hingga perusahaan-perusahaan besar yang sama sekali tidak bergerak di bidang e-sports.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com