bar-merah

Terjadi lagi, 419 juta nomor telepon pengguna Facebook bocor

ZONAUTARA.com – Tech Crunch melaporkan bahwa sebuah server yang menyimpan setidaknya 419 juta catatan pengguna Facebook diretas dan bisa diakses tanpa keamanan yang ketat.

Catatan pengguna Facebook itu termasuk nomor telepon dan id account. Laporan ini juga dilansir AFP pada Rabu (4/9/2019) waktu setempat.

Lebih lanjut, Tech Crunch mengungkapkan basis data tersebut mencantumkan ID pengguna Facebook, angka unik yang dilampirkan pada setiap akun hingga nomor telepon profil, serta jenis kelamin yang terdaftar oleh beberapa akun dan lokasi geografisnya.

Server tidak dilindungi kata sandi, artinya siapa pun dapat mengakses database, dan tetap online hingga Rabu malam ketika TechCrunch menghubungi host situs.

Namun temuan itu dikonfirmasi oleh Facebook yang mengatakan tingkat paparan hanya kecil. Facebook mengatakan bahwa jumlah akun sejauh ini yang bisa dikonfirmasi hanya setengah dari 419 juta yang dilaporkan.

Facebook juga menyebutkan bahwa banyak dari entri yang bocor itu merupakan duplikat dan datanya sudah tua.

“Dataset telah dihapus dan kami tidak melihat bukti bahwa akun Facebook dikompromikan,” kata juru bicara Facebook kepada AFP.

Menyusul skandal Cambridge Analytica 2018, ketika sebuah perusahaan menggunakan pengaturan privasi lemah Facebook untuk mengakses jutaan detail pribadi pengguna, perusahaan menonaktifkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari platform dengan nomor telepon.

Bocornya nomor telepon pengguna membuat mereka rentan terhadap panggilan spam, bertukar SIM, seperti yang baru-baru ini terjadi pada CEO Twitter Jack Dorsey dengan peretas yang dapat secara paksa mengatur ulang kata sandi akun yang disusupi.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com