Masa depan Indonesia ada di tangan anak-anak

Rahadih Gedoan
Penulis Rahadih Gedoan
Anak-anak di Kepulauan Sangihe ikut dalam dialog bersama Menteri Yohana Yembise.(Image: kemenpppa)



ZONAUTARA.com – Anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus kita bina dengan baik agar dapat menjadi generasi emas di masa yang akan datang. Demikian yang dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise ketika melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Selasa (10/09/2019).

Menteri Yohana menegaskan bahwa masa depan Indonesia ada di tangan anak-anak. Mereka harus mendapatkan hak untuk belajar sampai ke tingkat perguruan tinggi.

“Jika kita selamatkan satu anak saja maka selamatlah masa depan bangsa Indonesia,” kata Menteri Yohana.

Melindungi perempuan dan anak, kata Menteri PPPA, merupakan kewajiban negara. Seluruh elemen masyarakat terutama Pemerintah Daerah juga harus menjadi garda terdepan untuk memenuhi hal tersebut.

zonautara.com
Menteri Yohana Yembise berbincang dengan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana.(Image: kemenpppa)

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan, meskipun banyak ibu-ibu yang tergabung untuk menunjang perekonomian di Kepulauan Sangihe, tidak sedikit juga angka kekerasan dalam rumah tangga.

“Namun hal tersebut, sedikit demi sedikit sudah mulai berkurang dengan banyaknya kegiatan sosisalisasi yang membangun komitmen untuk memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak yang dimulai dari keluarga,” ujar Bupati Jabes.

Ia percaya bahwa dengan mendorong dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak perempuan dan anak akan mampu menurunkan angka kekerasan terhadap mereka. Jabes mengatakan, tingkat partisipasi perempuan dan anak yang ada di Kabupaten Kepualauan Sangihe cukup baik.

“Banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh ibu-ibu di sini. Jika anak-anak aktif dalam Forum Anak Daerah, ibu-ibu di sini aktif dalam kegiatan terkait Industri Rumahan. Tentunya komitmen dari ibu-ibu ini sangat baik mengingat dampaknya akan terasa bagi pengembangan dan pembangunan ekonomi khusunya perempuan di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” kata Jabes.

Mendengar hal tersebut, Menteri PPPA merasa bahwapemberdayaan perempuan di Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah berjalan cukup baik. Tinggal bagaimana masyarakatnya juga dapat mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut

“Perempuan di Kabupaten Sangihe harus bisa bangkit dan mampu menggali serta memanfaatkan potensi yang kalian miliki. Apalagi dengan adanya peluang dan wadah yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe untuk mendorong dan meningkatkan perekonomian perempuan,” ujar Menteri Yohana.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Rahadih Gedoan
Follow:
Jurnalis, Instruktur Akting, Pelatih Teater, Sastrawan, Ketua Dewan Kesenian Kota Manado.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com