Connect with us

Sosial Kemasyarakatan

Papua harus digenggam seutuhnya

Tuhan menginginkan Indonesia untuk lebih penting memikirkan Papua.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Abisai Rollo, tokoh masyarakat Papua, mengungkapkan rasa syukur karena bisa membawa aspirasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai persoalan yang diakibatkan kasus di Surabaya dan Malang beberapa waktu lalu.

Abisai yang memimpin tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat bertemu dengan Presiden, dalam konferensi pers usai diterima Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/09/2019) siang, mengatakan bahwa Tuhan menginginkan Indonesia untuk lebih penting memikirkan Papua itu.

“Kalau tadinya Papua masih dipegang setengahnya, sekarang harus digenggam seutuhnya,” kata Abisai.

Dengan adanya persoalan di Surabaya dan Malang itu, imbuhnya, tokoh-tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat berjumpa dengan Presiden serta menyampaikan 10 aspirasi secara langsung. Presiden Jokowi sendiri menerima semua yang disampaikan sebagai aspirasi dari Papua dan Papua Barat. Salah satu yang disampaikan Abisai adalah kesediaan Presiden Jokowi  untuk membangun istana Presiden di kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua.

“Dengan dibangunnya Istana Presiden itu, menurut Abisai, telah merubah yang tadinya beliau (Presiden, red) berkunjung ke Papua, dirubah menjadi berkantor di Papua. Ketika Presiden berkantor di Papua, saya yakin Presiden akan melihat Papua secara utuh, sehingga (kalau) ada kelompok-kelompok yang belum dijamah dengan baik semua akan diusahakan untuk dijamah,” ujarnya tegas.

Menurutnya, agar yang bikin kacau di Papua yang adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak akan ada lagi. NKRI harga mati buat Papua. Hari ini, tegas Abisai, di tanah Papua dan khususnya Papua Barat dan khususnya kota Jayapura tidak ada bendera yang lain, hanya satu bendera, yaitu bendera merah putih.

“Bendera merah putih itu dikibarkan dari ombak putih-putih sampai gunung biru-biru, tidak ada bendera yang lain, hanya satu bendera, bendera sang saka merah putih,” kata Abisai.

Dalam kesempatan itu, Abisai juga menyampaikan rasa syukurunya karena Presiden Jokowi juga menerika usulan  pemekaran Provinsi Papua. Untuk itu, para tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat yang ikut bertemu Presiden,  lanjut Abisai, akan pulang untuk menyampaikan kepada masyarakat di tanah Papua, dan mengajak masyarakat bersatu di tanah Papua untuk Indonesia.

92 triliun untuk Papua per tahun

Abisai juga menyampaikan, bahwa pendapatan daerah dari Provinsi Papua yang dihasilkan dari beberapa sumber yang ada, termasuk dari Freeport, untuk per tahunnya hanya Rp26 triliun sedangkan per tahun yang dikirim dari ke Papua sebesar Rp92 triliun. Artinya, lebih besar dana itu adalah bantuan dari NKRI untuk membangun Papua.

“Oleh sebab itu, kita orang Papua harus bersyukur dan terima kasih kepada Negara Republik Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir Hj Joko Widodo,” kata Abisai.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sosial Kemasyarakatan

Puluhan Kantong Darah disumbang Basarnas Manado ke PMI

Published

on

zonautara.com

AIRMADIDI, ZONAUTARA.com – Basarnas ke-48, Basarnas Manado gelar aksi donor darah dan pemeriksaan gratis, Kamis (27/02/2020). Kegiatan tersebut digelar di Gedung Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado Jalan Bypass, Minahasa Utara.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kimia Farma, kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wita ini dibuka Kepala Kantor Basarnas Manado Suhri Sinaga.

Kepala kantor Basarnas Suhri Sinaga menuturkan, aksi kemanusiaan ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang ke-48.

zonautara.com
Aksi donor darah Basarnas Manado.(Image: Basarnas Manado)

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai, honorer, security,.dan ibu-ibu Darma Wanita Persatuan yang turut berpartisipasi dalam aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan ini. Semoga sebanyak 30 kantong darah yang disumbangkan bisa berguna bagi saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Sub-Bagian Hubungan Donor Unit Transfusi PMI Melky Petrus mengatakan, aksi donor darah merupakan kegiatan sosial membantu PMI memenuhi stok darah yang dibutuhkan.

“Kami  berterima kasih kepada Basarnas yang sudah melaksanakan kegiatan sosial donor darah untuk disumbangkan,” kata Melky.

Di samping aksi donor darah dan pemerikasaan kesehatan gratis ini, sebelumnya beragam lomba olahraga telah digelar untuk memeriahkan HUT Basarnas ini, seperti catur, tenis meja dan futsal serta lomba uji ketangkasan evakuasi korban di medan ketinggian.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com