bar-merah

Ayam jago ini menang di pengadilan, dia bisa berkokok kembali

Corrine Fesseau berfoto dengan ayamnya, Maurice yang menang di pengadilan. (Foto: Reuters)

ZONAUTARA.com – Seekor ayam jantan atau ayam jago menang di pengadilan sipil Rochefort di Perancis. Hakim memenangkan ayam jago itu setelah digugat oleh pasangan pensiunan berusia 60-an tahun yang merasa terganggu dengan suara kokoknya.

Maurice nama ayam jantan itu milik Corrine Fesseau yang tinggal di kawasan pedesaan Saint Pierre d’Oleron di lepas pantai Atlantik. Pada Juli lalu, Maurice dilaporkan oleh pasangan pensiunan itu karena dianggap menggangu.

Pelapor adalah tetangga Corrine yang tempat tinggal mereka hanya terpisah satu rumah. Suara saat Maurice berkokok dianggap terlalu panjang dan kerap membuat mereka terbangun dari tidur. Kokok ayam dinilainya sebagai polusi suara.

Namun pengadilan menolak gugatan tersebut pada Kamis (5/9) pekan lalu. Penggugat malah disuruh membayar ganti rugi sebesar US$1.100 atau sekitar Rp 15,3 juta.

“Saya lega bahwa kami memenangkan pengadilan ini,” ujar pemilik Maurice, Fesseau, kepada CNN.

Walikota Saint Pierre d’Oleron, Christophe Sueur mengatakan bahwa keputusan pengadilan merupakan hasil pemikiran akal sehat.

Kaos bergambar dukungan terhadap Maurice, ayam jago yang digugat karena berkokok. (Foto: Reuters)

“Saya ingin semua pihak turut melestarikan tradisi Prancis,” kata Sueur. Kokok ayam jantan di kawasan pedesaan Prancis, lanjutnya, adalah salah satu tradisi yang perlu dilestarikan.

Penggugat berasal dari Kota Limoges. Mereka membeli rumah di desa tersebut sebagai tempat peristirahatan.

“Mereka [penggugat] hanya menginginkan kedamaian dan ketenangan saat berlibur,” ujar pengacara keduanya, Vincen Huberdeau, mengutip The Independent.

Kasus yang menimpa Maurice menjadi gambaran nyata polarisasi kehidupan pedesaan dan perkotaan di Prancis. Menukil Reuters, banyak penduduk kota yang beramai-ramai membeli rumah musim panas di pedesaan tanpa siap menghadapi kenyataan aneka kekhasan kehidupan di pedesaan.

Sebuah petisi hadir untuk mendukung Maurice dan mendapatkan 140 ribu tanda tangan. Beberapa orang bahkan berbondong-bondong membawa ayam jantannya ke pengadilan selama bulan Juli sebagai bentuk dukungan untuk Maurice.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com