Connect with us

CARI TAHU

Ini 9 tuntutan Komite Aksi Mahasiswa Sulawesi Utara

DPR Tidak Pro-Rakyat: Demokrasi Dikebiri, Reformasi Dikorupsi.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Ada 9 tuntutan yang disampaikan Komite Aksi Mahasiswa Sulawesi Utara dalam aksi demonstrasi di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (25/09/2019).

Tuntutan para demonstran yang ditujukan bagi para anggota DPRD Sulut untuk disuarakan ke pusat tersebut diberi judul DPR Tidak Pro-Rakyat: Demokrasi Dikebiri, Reformasi Dikorupsi.

Di bawah ini 9 tuntutan para demonstrasi tersebut:

  1. Tolak RUU KUHP
  2. Tolak RUU Pertanahan
  3. Tolak Kenaikan BPJS
  4. Tolak Pencabutan Subsidi Listrik
  5. Cabut UU KPK
  6. Tuntaskan Pelanggaran HAM
  7. Stop Deforestasi Hutan
  8. Stop libatkan militer dalam konflik agrarian
  9. Hentikan pendekatan militer di Papua

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

CARI TAHU

Ukir sejarah, saat 2 astronot perempuan berjalan di luar angkasa

Koch dan Meir berjalan di luar angkasa di ketinggian 408 kilometer dari Bumi.

Bagikan !

Published

on

astronot perempuan
Astronot perempuan NASA, Christina Koch dan Jessica Meir berhasil mengukir sejarah. [NASA]

ZONAUTARA.com – Ini bukan pertama kali astronot perempuan berjalan di luar stasiun antariksa. Namun Christina Koch dan Jessica Meir mencatat sejarah saat dua astronot perempuan secara bersamaan melakukan spacewalk, Minggu (20/10/2019).

Mengutip halaman Reuters, Administrator NASA, Jim Bridenstine menyebut bahwa misi yang berhasil itu, merupakan pencapaian historis karena membuka jalan untuk program Artemis, yang akan mengirimkan perempuan pertama ke Bulan pada 2024.

Kedua astronot perempuan itu diberi tugas mengganti komponen baterai yang bermasalah di bagian luar stasiun antariksa ISS.

Koch dan Meir berjalan di luar angkasa di ketinggian 408 kilometer dari Bumi. Momen sejarah ini sendiri disaksikan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

“Kami tidak ingin mengambil banyak kredit karena ada beberapa spacewalker perempuan sebelum kami. Ini hanyalah pertama kali bahwa ada dua perempuan di luar pada saat yang sama,” terang Meir.

Hingga saat ini, astronot yang melakukan spacewalk di luar area ISS untuk melakukan perawatan stasiun antariksa berjumlah 221 kali, 43 diantaranya melibatkan astronot perempuan.

Sedangkan perempuan pertama yang melakukan spacewalk adalah kosmonot Rusia, Svetlana Savitskaya, yang keluar dari stasiun antariksa Salyut 7 pada 1984.

Dengan pencapaian Koch dan Meir, perempuan pun diharapkan kian memiliki peran dalam program luar angkasa.

“Ini adalah sesuatu yang signifikan. Banyak dari kita (perempuan) menatap ke depan untuk menilainya (spacewalk) sebagai sesuatu yang normal saja,” tutup Tracy Caldwell Dyson, perempuan yang tiga kali melakukan spacewalk di ISS pada 2010.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com