Ekspresi JMS, ciptakan siswa berkarakter dan sadar hukum

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



TOMOHON, ZONAUTARA.com Kegiatan Ekspos Prestasi dan Kreativitas Siswa (Ekspresi) Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tahun 2019 yang merupakan bentuk kerjasama antara Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah resmi dibuka, Selasa (1/10/2019).

Pembukaan kegiatan yang digelar di Sport Hall Yayasan Pendidikan Lokon Santo Nikolaus ini dibuka langsung Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Kepala Dinas Dikbud Juliana Dolvien Karwur dalam laporannya mengatakan, dalam rangka membangun karakter siswa menuju generasi emas 2045 maka, Dikbud dituntut untuk mampu mengantarkan peserta didik memiliki karakter manusia seutuhnya, dengan
menitikberatkan pada kreativitas siswa.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengaktualisasikan kreativitas bakat siswa. Kemudian, menjadikan Jaksa sebagai sahabat anak sekolah. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap hukum dan menudukung program Nawacita terkait revolusi mental dan karakter anak bangsa, serta menciptakan generasi muda yang taat hukum,” jelas Karwur.

Dia menjelaskan, ada berbagai lomba yang akan dilaksanakan dalam Ekspresi JMS tahun 2019, di antaranya lomba Jaksa Cilik, lomba yel-yel, lomba stand up comedy, lomba pidato dan pemilihan Duta Adhyaksa 2019.

Sementara itu, Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Edy Winarko dalam sambutannya mengatakan, Ekspresi JMS sudah memasuki tahun ke-4 pelaksanaannya.

“Tujuannya untuk membangun karakter siswa sehingga terwujud siswa yang berkualitas dan juga untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya siswa,” tuturnya.

Sementara, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Ekspresi JMS tentunya sangat memberikan manfaat bagi semua lapisan masyarakat, terutama siswa di Kota Tomohon.

Menurut Eman, pemahaman soal hukum harus diketahui sejak dini oleh para siswa, sehingga generasi muda bisa taat hukum dan menjauhi hukuman.

“Ekspresi JMS ini oleh Pemkot dan Kejari sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Kami percaya program ini bisa memberikan energi positif bagi dunia pendidikan di Tomohon,” tutur Eman.

Dia pun berharap, pelaksanaan JMS di Kota Tomohon ini boleh menjadi contoh bagi pelaksanaan JMS di Sulut.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota didampingi Ketua Sementara DPRD Tomohon Christo Bless Eman bersama Kajari dan jajaran pejabat Pemkot Tomohon bersama memukul Tetengkoren tanda dibukanya kegiatan Ekspresi JMS 2019.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com