" >Ekspresi JMS, ciptakan siswa berkarakter dan sadar hukum
Connect with us

ZONA DAERAH

Ekspresi JMS, ciptakan siswa berkarakter dan sadar hukum

Published

on

Pemukulan Tetengkoren tanda dibukanya Ekspresi JMS 2019. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kegiatan Ekspos Prestasi dan Kreativitas Siswa (Ekspresi) Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tahun 2019 yang merupakan bentuk kerjasama antara Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah resmi dibuka, Selasa (1/10/2019).

Pembukaan kegiatan yang digelar di Sport Hall Yayasan Pendidikan Lokon Santo Nikolaus ini dibuka langsung Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Kepala Dinas Dikbud Juliana Dolvien Karwur dalam laporannya mengatakan, dalam rangka membangun karakter siswa menuju generasi emas 2045 maka, Dikbud dituntut untuk mampu mengantarkan peserta didik memiliki karakter manusia seutuhnya, dengan
menitikberatkan pada kreativitas siswa.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengaktualisasikan kreativitas bakat siswa. Kemudian, menjadikan Jaksa sebagai sahabat anak sekolah. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap hukum dan menudukung program Nawacita terkait revolusi mental dan karakter anak bangsa, serta menciptakan generasi muda yang taat hukum,” jelas Karwur.

Dia menjelaskan, ada berbagai lomba yang akan dilaksanakan dalam Ekspresi JMS tahun 2019, di antaranya lomba Jaksa Cilik, lomba yel-yel, lomba stand up comedy, lomba pidato dan pemilihan Duta Adhyaksa 2019.

Sementara itu, Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Edy Winarko dalam sambutannya mengatakan, Ekspresi JMS sudah memasuki tahun ke-4 pelaksanaannya.

“Tujuannya untuk membangun karakter siswa sehingga terwujud siswa yang berkualitas dan juga untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya siswa,” tuturnya.

Sementara, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Ekspresi JMS tentunya sangat memberikan manfaat bagi semua lapisan masyarakat, terutama siswa di Kota Tomohon.

Menurut Eman, pemahaman soal hukum harus diketahui sejak dini oleh para siswa, sehingga generasi muda bisa taat hukum dan menjauhi hukuman.

“Ekspresi JMS ini oleh Pemkot dan Kejari sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Kami percaya program ini bisa memberikan energi positif bagi dunia pendidikan di Tomohon,” tutur Eman.

Dia pun berharap, pelaksanaan JMS di Kota Tomohon ini boleh menjadi contoh bagi pelaksanaan JMS di Sulut.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota didampingi Ketua Sementara DPRD Tomohon Christo Bless Eman bersama Kajari dan jajaran pejabat Pemkot Tomohon bersama memukul Tetengkoren tanda dibukanya kegiatan Ekspresi JMS 2019.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

BPK mulai periksa laporan keuangan Pemkot Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemeriksaan interim atas laporan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mulai dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut.

Pemeriksaan pun akan dilaksanakan selama 30 hari, yakni sejak 10 Februari hingga 10 Maret 2020. Pemeriksaan interim tersebut diawali dengan pengarahan, yang dirangkaikan dengan Rekonsiliasi Pengelolaan Kas antara Bendahara Umum Daerah dengan Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran Perangkat Daerah tahun anggaran 2020, yang dilaksanakan di aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) , Senin (10/2/2020).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V. Lolowang dalam arahannya mengatakan, pihaknya berharap agar seluruh jajaran Pemkot Tomohon dapat mendukung pelaksanaan pemeriksaan oleh Tim Auditor ini.

“Kepada Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran agar membawa seluruh dokumen keuangan yang diminta secara lengkap,” tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Pemeriksaan LKPD Kota Tomohon tahun anggaran 2019 Badan Pemeriksa Keuangan Arther Rysan Belseran, Kepala BPKPD Kota Tomohon Gerardus Mogi, Inspektur Kota Tomohon Jeane Bolang, serta para Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com