bar-merah

Kembangkan pariwisata, Eman sebut terapkan strategi 3A

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kota Tomohon memiliki puluhan destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata buatan.

Tercatat, ada sebanyak 84 destinasi wisata dengan 32 destinasi wisata unggulan yang kini hadir dan tersebar di sejumlah wilayah di Kota Tomohon.

Pengembangan destinasi wisata yang dimiliki daerah berjuluk Kota Bunga ini pun terus diupayakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Strategi 3A, yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Aminitas pun dipilih untuk memajukan sektor pariwisata Kota Tomohon, guna mewujudkan Tomohon sebagai destinasi pariwisata dunia.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat membuka dan memberikan materi dalam Pelatihan tata kelola destinasi di wilayah Kecamatan Tomohon Utara dan Kecamatan Tomohon Barat, yang digelar Dinas Pariwisata Daerah, di Hotel Grand Master, Selasa (8/10/2019).

Eman mengatakan, pariwisata harus ditunjang dengan adanya atraksi yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung, seperti yang sudah dimiliki Kota Tomohon saat ini, yaitu wisata alam, wisata buatan hingga wisata budaya.

Atraksi destinasi wisata itupun, kata Eman, juga untuk membuat para wisatawan nyaman dan bisa berlibur lebih lama di Kota Tomohon.

Eman menjelaskan, aksesibilitas juga merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam menunjang kemajuan salah satu destinasi wisata.

“Akses juga harus diperhatikan agar bisa sangat mudah. Jadi orang tidak perlu susah-susah untuk ke tempat wisata, utamanya infrastruktur jalan dan lainnya,” jelasnya.

Sementara untuk aminitas, lanjut Eman, juga merupakan hal penting dalam menunjang pertumbuhan pariwisata.

“Hotel dan rumah makan juga sangat penting dalam menunjang pariwisata. Dengan banyaknya hotel, laju pertumbuhan pariwisata akan sangat baik,” tuturnya.

Menurut Eman, Kota Tomohon saat ini memiliki 136 Rumah Makan, 29 hotel dengan 500 kamar dan memiliki 626 tempat tidur.

“Pastinya, pemerintah tetap concern tentang pengelolaan destinasi wisata. Ini semua tujuannya adalah untuk menyejahterahkan masyarakat Kota Tomohon,” pungkas Eman.

Eman pun berharap, para pengelola destinasi wisata bisa bersinergi agar destinasi wisata di Kota Tomohon bisa terjaga kualitas dan keindahannya, sehingga akan berdampak pada kunjungan wisatawan yang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pioh, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Chrisnaldus Roring, Budayawan Youdi Aray yang turut membawakan materi, serta para pengelola destinasi wisata yang ada Kecamatan Tomohon Utara dan Tomohon Barat sebagai peserta.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com