bar-merah

Bayangan akan hilang di sejumlah kota di Jatim

Ilustrasi bayangan (Pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Beberapa kota di Jawa Timur akan mengalami fenomena saat bayangan akan hilang. Fenomena yang disebut dengan kulminasi utama itu akan terjadi mulai Jumat (11/10) hingga Selasa (15/10/2019).

Kasa Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) Juanda, Teguh Tri Susanto menjelaskan bahwa kulminasi utama merupakan fenomena saat matahari berada tepat di posisi paling tinggi di langit.

Pada saat terjadi kulminasi utama matahari akan berada di titik zenit atau tepat di atas kepala.

“Akibat fenomena itu, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang, karena bertumpu pada benda itu sendiri,” ujar Teguh sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (9/10).

Adapun daerah-daerah yang akan mengalami hari tanpa bayangan, berdasarkan catatan BMKG, pada Jumat (11/10); yakni Sumenep, Bangkalan dan Tuban.

Selanjutnya pada Sabtu (12/10); Surabaya, Pamekasan, Sampang, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Ngawi.

Kemudian pada Minggu (13/10); Situbondo, Kraksaan, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Mojosari, Mojokerto, Jombang, Ngasem, Kediri, Nganjuk, Caruban, Madiun dan Magetan.

Lalu, pada Senin (14/10); Bondowoso, Jember, Lumajang, Malang, Kepanjen, Batu, Kanigoro, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan. Terakhir, pada Selasa (15/10); Banyuwangi

Lantaran posisi matahari yang tepat berada di atas kepala, maka BMKG pun memprediksi akan ada peningkatan suhu udara. Teguh lantas mengimbau masyarakat untuk menjaga kondisi tubuh. 

“(Peningkatan) berkisar 0,5-1 derajat Celcius dari normalnya terutama di siang hari yang berpotensi menyebabkan dehidrasi. Tetap menjaga kondisi dengan asupan air yang cukup bagi tubuh,” kata Teguh.

Kulminasi utama merupakan fenomena yang sudah biasa terjadi tiap tahun. Fenomena alam ini tidak perlu terlalu ditakutkan. 

“Tiap tahun di Indonesia, di Jatim secara khusus juga akan mengalaminya, itu bukan sesuatu hal yang harus dikhawatirkan berlebih kepada masyarakat,” kata Teguh.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com