bar-merah

Pemkot Tomohon dan KPU-Bawaslu teken NPHD Pilkada 2020

TOMOHON, ZONAUTARA.com Setelah melalui sejumlah pembahasan, anggaran hibah untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020 telah disepakati.

Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pun telah resmi ditandatangani antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bersama para pelaksana Pilkada, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di kantor Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Senin (14/10/2019).

Penandatangan NPHD tersebut dilakukan langsung Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman bersama Ketua KPU Harryanto Lasut dan Ketua Bawaslu Deisy Soputan, dengan disaksikan Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Supriyadi Pangelu.

Dalam sambutannya, Eman mengatakan, penyusunan anggaran hibah untuk pelaksanaan Pilkada Tomohon 2020 tersebut dilakukan berdasarkan Permendagri RI Nomor 54 Tahun 2019 dan Surat Edaran Mendagri RI Nomor 900/9629/SJ.

“Pemerintah Kota Tomohon mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada ini baik pada perubahan APBD tahun anggaran 2019, maupun pada APBD tahun anggaran 2020 nanti,” ujar Eman.

Dia mengatakan, anggaran hibah yang dialokasikan untuk KPU Tomohon sebesar Rp18.250.000.000. Sementara untuk Bawaslu Tomohon Rp7.110.000.000.

Eman pun dalam kesempatan itu mengingatkan kepada dua pihak penerima dana hibah agar memperhatikan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Pemkot Tomohon yang sudah mengalokasikan dana untuk pelaksanaan Pilkada 2020 tersebut.

“Kami berharap Pemkot Tomohon tetap akan membantu KPU sesuai peraturan yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangelu turut memberikan apresiasi kepada Pemkot Tomohon.

“Walaupun terdapat dinamika dalam proses pembahasan, ada dinamika, namun kami yakin Pemkot Tomohon memberikan anggaran yang rasional sesuai dengan kebutuhan tugas pengawasan untuk Pilkada di Tomohon,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold Lolowang, Kepala BPKPD Kota Tomohon Gerardus Mogi, Anggota Bawaslu dan KPU Tomohon, serta jajaran Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com