bar-merah

Binte biluhuta, memanjakan lidah penikmat jagung

milu siram
Binte Biluhuta (Foto: Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Mencoba sensasi kuliner Milu Siram, atau yang lebih dikenal Binte Biluhuta adalah hal yang tidak boleh dilupakan saat berkunjung ke Provinsi Gorontalo.

Kuliner khas ini, awalnya hanya disajikan pada perayaan adat tertentu. Seiring waktu, penganan ini sudah bisa dengan mudah ditemukan hampir di sepanjang jalan Kota Gorontalo. Harga jual per porsinya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp8.000,00 – Rp15.000,00 saja.

Kenapa panganan ini harus dicoba? Meski sama-sama berbahan dasar jagung, Milu Siram sangat berbeda dengan sop jagung yang bisa kita temui. Butiran jagung rebus, berpadu parutan kelapa, sedikit campuran daging ikan kukus, kemangi, daun bawang, bawang goreng, sedikit garam, dan perasan jeruk nipis, akan membuat lidah anda dimanjakan dengan sensasi yang tidak biasa.

Bagi pecinta kuliner yang suka eksperimen, panganan ini juga bisa dicampur cabe (sesuai level pedas yang diinginkan), dan sedikit kecap manis. Aroma segar daun kemangi, sungguh menggugah selera. Bisa jadi akan membuat anda ketagihan.

Selain itu, proses pembuatannya mudah dan masih tergolong tradisional. Untuk merebus butiran jagung, kebanyakan masyarakat Gorontalo masih memilih menggunakan tungku dan kayu bakar. Ini untuk menjaga cita rasa tidak berubah. Sudah tentu selain nikmat, kuliner ini bebas bahan kimia. Jadi wajib dicoba. [PESONA.TRAVEL]



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com