Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Pelantikan Jokowi: Trump Cuma Kirim Menteri, Raja Eswatini Juga Hadir

Published

on

Petugas melakukan gladi bersih pelantikan presiden dan wakil presiden masa jabatan 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10). [Suara.com/Arya Manggala]

ZONAUTARA.com – Menjelang pelantikan Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2019-2024, berbagai persiapan dilakukan guna menyambut kiprahnya pada periode kedua pemerintahannya.

Antusiasme itu tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh negara-negara yang menjadi mitra Indonesia.

Sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan mengonfirmasi kehadiran mereka pada Upacara Pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10) besok.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad adalah satu dari sekian tamu negara yang akan berkunjung ke Jakarta guna menghadiri upacara pelantikan tersebut.

Sebagai salah satu tetangga terdekat, Mahathir menaruh perhatian besar pada Indonesia dan pada hubungannya dengan Jokowi.

Hal itu dibuktikan dengan kunjungannya ke Jakarta pada Juni tahun lalu, yang merupakan kunjungan bilateral pertamanya ke negara ASEAN usai menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia untuk kedua kalinya pada Mei 2018.

Mahathir melalui akun Twitternya, @chedetofficial, juga telah menyampaikan selamat atas kembali terpilihnya Jokowi sebagai Presiden RI pada Mei lalu.

“Saya ucap tahniah kepada Bapak Jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat setelah ini,” cuitnya.

Selain Malaysia, beberapa pemimpin negara-negara lain ASEAN juga dijadwalkan menghadiri upacara pelantikan Presiden Jokowi, yakni Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh serta utusan dari Laos, Thailand, dan Filipina.

Dari Negeri Tirai Bambu, Indonesia akan menerima kunjungan Wakil Presiden China Wang Qishan pada saat upacara pelantikan Presiden Jokowi.

Wapres Wang, yang juga mantan Wali Kota Beijing, tidak asing dengan Indonesia karena sudah pernah mengunjungi Jakarta.

Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Prakarsa Sabuk Jalan (BRF) di Beijing pada April lalu, Wang juga menerima kunjungan Wapres RI Jusuf Kalla.

Keduanya kembali bertemu di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Sabtu siang ini, atau sehari sebelum hari pelantikan Presiden Jokowi.

Kalla mengatakan, pertemuannya dengan Wang membahas antara lain mengenai upaya menjaga hubungan baik antara kedua negara, khususnya setelah Indonesia memasuki periode kepemimpinan baru.

Selengkapnya baca di: Suara.com

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Politik dan Pemerintahan

KPU Sulut Siap Sosialisasi Calon Perseorangan

Sosialisasi digelar hari ini.

Bagikan !

Published

on

Ketua KPU Sulut, DR Ardiles Mewoh

MANADO, ZONAUTARA.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara mulai siap mensosialisasikan tahapan-tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil gubernur tahun 2020 nanti.

Dimana salah satunya adalah sosialisasi Pencalonan Perseorangan, sebagaimana yang tertuang dalam surat Nomor : 379/PL.02.2-Und/71/Prov/XII/2019 tentang Undangan Sosialisasi Pencalonan Perseorangan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Tahun 2020.

Surat tersebut, kata Ketua KPU Sulut, DR Ardiles Mewoh memerhatikan Peraturan KPU Nomor 16 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program Dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

“Dalam rangka Pencalonan Perseorangan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Tahun 2020, maka KPU Propinsi Sulut melaksanakan Sosialisasi yang pelaksanaannya akan digelar besok (hari ini, red) di hotel Aston Manado, mulai pukul 10.00 pagi,” ungkap Mewoh, Selasa (3/12/2019).

Menurut dia, undangan ditujukan kepada warga masyarakat Sulawesi Utara yang berkeinginan untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Gubernur dan Wakil untuk hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

“Untuk konfirmasi kehadiran bisa menghubungi contact person Rudy
+6285256533398 dan Lauma +628124455590
,” tukas Mewoh. (K-02)

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading
Advertisement

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com