Isu gempa susulan sebesar 8,2 SR di Manado hoax terbesar bulan November 2019

Rahadih Gedoan
Penulis Rahadih Gedoan
Hoax.(Image: zonautara.com)



ZONAUTARA.com – Isu yang sempat di kalangan masyarakat yang menyebutkan akan terjadi gempa susulan sebesar 8,2 SR di Manado merupakan hoax terbesar bulan November 2019.

Informasi yang beredar melalui media sosial yang menyebutkan bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan pada tanggal 16 November 2019 pada pukul 24.00-01.00 dini hari akan terjadi gempa susulan sebesar 8,2 SR di Manado merupakan informasi yang menyesatkan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika turut menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar.

zonautara.com
Hoax gempa susulan 8,2 SR di Manado.(Image: Kominfo)

Hoax tersebut ditanggapi oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manado, Edward Hendry Mengko. Beliau memastikan bahwa informasi dari pesan berantai yang mengatakan akan terjadi gempa berkekuatan 8,2 SR sebagai hoaks atau bohong belaka.

Pada tanggal 16 November 2019 terjadi 159 gempa susulan dan yang paling besar mencapai magnitudo 5,9 dan terkecil magnitudo 2,7.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Rahadih Gedoan
Follow:
Jurnalis, Instruktur Akting, Pelatih Teater, Sastrawan, Ketua Dewan Kesenian Kota Manado.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com