bar-merah

Berapa banyak sebenarnya jumlah negara di dunia?

ZONAUTARA.com – Berapa sih jumlah negara di dunia?. Angka berbeda-beda sering disajikan dalam data soal jumlah negara yang saat ini tercatat di dunia.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memiliki 193 negara anggota dan dua negara pengamat (Vatikan dan Palestina). Angka 193 negara ini sering menjadi patokan jumlah negara di dunia. Tapi PBB tidak memiliki wewenang untuk mengakui Negara atau Pemerintahan. PBB hanyalah sebuah organisasi yang dapat menerima Negara baru untuk menjadi anggota atau menerima mandat dari perwakilan Pemerintah Baru.

Selaian 193 negara dan dua negara pengamat, ada pula beberapa negara yang memenuhi kriteria deklaratif yang menjadi anggota PBB, namun negara itu tidak diakui oleh negara anggota lain karena persoalan klaim teritorial atau persoalan konflik wilayah.

Korea Utara salah satunya. Negara ini adalah anggota PBB yang tidak diakui oleh Korea Selatan. Demikian pula sebaliknya. Negara lainnya adalah Armenia yang tidak diakui oleh Pakistan, Siprus yang tidak diakui oleh Turki dan Siprus Utara, sementara Republik Rakyat Cina tidak diakui oleh Taiwan.

Sementara Israel, adalah anggota PBB yang terbanyak tidak diakui oleh negara lain. Ada 31 negara anggota PBB yang tidak mengakui Israel sebagai sebuah negara.

Pengakuan terhadap sebuah negara harus mengasumsikan hubungan diplomatik. Beberapa negara tidak menjadi anggota PBB tetapi mendapat pengakuan hubungan diplomatik dari negara lain, seperti Sahara Barat, Kepulauan Cook, Niue, Taiwan, Republik Kosovo, Ossetia Selatan, Abkhazia dan Siprus Utara.

Sahara Barat yang disengketakan antara Maroko dan Polisario (organisasi pergerakan kemerdekaan Sahara Barat) didaftarkan ke PBB sebagai non self governing territory (wilayah tanpa pemerintahan sendiri). Selain Sahara Barat, ada 16 wilayah lainnya yang terdaftar dengan status seperti ini.

Kepulauan Cook dan Niue adalah negara bagian Selandia Baru yang terdaftar pada badan khusus PBB seperti WHO dan UNESCO. Statusnya sebagai anggota PBB mendapat ganjalan karena diprotes Selandia Baru.

Lain lagi dengan Republik Kosovo. Negara kecil ini tidak terdaftar sebagai anggota PBB, tetapi menjadi anggota IMF (Dana Moneter Internasional) dan Bank Dunia. Kosovo juga telah menjadi anggota UNESCO sejak 2015.

Republik Turki Siprus adalah negara yang hanya diakui kedaulatannya oleh Turki.

Selain itu ada negara yang telah mendeklarasikan kemerdekaannya tetapi belum mendapat pengakuan dari negara manapun. Ketiga negara itu adalah Transnistria, Nagorny, Karabakh dan Somalilan.

Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA malah memiliki 211 anggota asosiasi yang merupakan perwakilan negara. Sementara IOC (International Olympic Committee) yang mengatur pesta olahraga dunia punya 206 negara anggota.

Amerika Serikat juga punya daftar negara-negara independen sendiri. Dalam daftar itu ada 195 negara, tidak termasuk Taiwan. Namun Kosovo masuk daftar.

Jadi berapa sebenarnya jumlah negara di dunia? Bisa berbeda tergantung siapa yang mengeluarkan daftarnya. Secara hukum internasional, setiap orang berhak untuk menentukan nasibnya sendiri, termasuk status politik.

Konvensi Montevideo soal Hak dan Kewajiban Sebuah Negara menyebutkan, negara harus memiliki rakyat, wilayah, kedaulatan, pemerintah dan kemampuan untuk mengadakan hubungan diplomatik dengan negara-negara lain.

Konvensi itu juga menyebut bahwa negara baru harus mendapat pengakuan secara politik oleh negara lain dan organisasi internasional.

Dari berbagai sumber.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com