ZONAUTARA.com – Walikota Manado Andrei Angouw (AA) – Richard Sualang (RS) resmi bersanding sebagai Pasangan Calon (paslon) Walikota-Wakil Walikota yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Manado 2020.

Penetapan ini sekaligus menjawab penantian masyarakat Kota Manado mengenai nama kandidat siapa yang akan diumumkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan (PDIP) dalam pengumuman gelombang V, Selasa (01/09/2020).

Pengumuman nama paslon AA-RS bersamaan dengan 20 paslon lainnya, yang mencakup 2 pasang untuk Pilkada tingkat provinsi dan 19 pasang calon untuk Pilkada tingkat kabupaten/kota.

Ketua DPP PDIP bidang politik Puan Maharani tampil membacakan lalu menyapa para paslon dalam rapat secara virtual yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Pengumuman ini turut menepis isu yang beredar sebelumnya bahwa AA akan berpasangan dengan calon wakil dari luar kubu Banteng Moncong Putih. Namun keputusan DPP PDIP yang keluar ternyata lebih menyetujui pilihan kandidat yang berasal dari internal PDIP sendiri.

AA sendiri memiliki catatan prestasi politik yang gemilang. Ia sempat bertarung dalam Pemilihan Umum Legislatif Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2019 dari Daerah Pemilihan Kota Manado. Ajang tersebut mengantarkannya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut, dengan meraup suara terbanyak, yaitu 33.155 suara.

Sedangkan, RS yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kota Manado juga bertarung pada Pemilihan Umum Legislatif Provinsi Sulut 2019, yang mengantarkannya sebagai anggota DPRD Provinsi Sulut dengan meraih 16.749 suara.

Dari komposisi di atas kertas tersebut, dapat membuat AA-RS sebagai paslon yang perlu diperhitungkan pada lawan yang bertarung di Pilkada Kota Manado.

Bagikan !