Connect with us

Politik dan Pemerintahan

Astaga! Ada 300 orang korban TBC meninggal tiap hari

Korban penyakit TBC di Indonesia masuk tiga besar dunia setelah India dan China.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Jumlah korban Tuberculosis (TBC) di Indonesia sangat besar. Dalam sehari tercatat 300 orang meninggal. Jumlah tersebut berarti ada 100 ribu orang korban yang meninggal dalam setahun. Hal inilah yang membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) prihatin.

“Kita harus bekerja sama dalam memberantas TBC,” kata Presiden Jokowi sebagaimana dikutip Ketua Forum Partnership Indonesia Arifin Panigoro usai bersama delegasi Aksi Stop TBC di Dunia diterima Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (09/12/2019).

Arifin mengatakan bahwa dalam pertemuan itu pihaknya melaporkan, korban penyakit TBC di Indonesia masuk tiga besar dunia setelah India dan China. Hal tersebut membuat penanganan penyakit TBC harus serius. Selama ini TBC ditangani Menteri Kesehatan, tapi dengan besarnya masalah penanganan, sangat susah kalau hanya Menteri Kesehatan.

Sebagai organisasi sipil, imbuh Arifin, pihaknya sunguh-sungguh mau membantu pemerintah dalam hal ini. Terutama terkait dengan kedatangan Rucika Ditto dari organisasi Stop TB Partnership International yang akan menghadiri pertemuan internasional dengan semua stakeholder pemberantasan TBC, di Jakarta, 10-12 Desember 2019.

“Karena dunia ini punya target dalam waktu 10 tahun dari sekarang, tahun 2030, kita berkeinginan untuk mengeliminasi atau meng-nol-kan TBC. Dan ini pekerjaan yang sangat tidak gampang untuk kita di Indonesia,” ujar Arifin.

Menurutnya, agar mempermudah kerja sama antar kementeriansaat ini sedang dirancang payung hukum seperti Peraturan Presiden (Perpres) khusus tentang pemberantasan penyakit TBC. Supaya nanti kerja sama antara menteri kesehatan dan menteri-menteri lainnya bisa lebih lancar.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Politik dan Pemerintahan

Nasdem restui Vonnie Panambunan jadi calon Gubernur Sulut

Vonnie yakin akan menang.

Bagikan !

Published

on

Vonnie Panambunan. (Foto: Febri Kondongan)

ZONAUTARA.COM – Partai Nasdem merestui Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Utara dalam Pilkada Sulut mendatang.

Restu itu dalam bentuk surat rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat Partai Nasdem. Vonnie diberi kewenangan untuk mencari calon Wakil Gubernur sendiri yang dirasa cocok berpasangan dengannya.

Terkait dengan restu dan surat rekomendasi tersebut, Ketua DPW Nasdem Sulawesi Utara, Maximilan Jonas Lomban mengakui bahwa pihaknya juga sudah menerima surat rekomendasi tersebut, yang berisi penugasan untuk Vonnie maju sebagai bakal calon Gubernur Sulut.

“Informasi hingga saat ini, ada tiga nama yang sedang digodok di tingkatan DPP siapa yang akan mendampinginya. Keputusan ada di tangan kakak VAP (sebutan untuk Vonnie) dan DPP Nasdem,” ujar Lomban.

Lomban juga memberi instruksi kepada seluruh potensi Nasdem untuk bersatu pada mendukung calon yang mendapatkan dukungan dari DPP. Instruksi itu juga diikuti dengan deklarasi dan pernyataan sikap untuk memenangkan Vonnie.

“Saya ajak semua potensi yang ada untuk bersatu padu. Sebagai Ketua DPW, saya memberikan instruksi kepada seluruh tingkatan NasDem di Sulut untuk memenangkan VAP di Pilgub Sulut. Ini deklarasi kami atau pernyataan sikap untuk memenangkan VAP,” ujar Lomban.

Sementara itu Vonnie mengatakan dirinya sangat bersyukur kepada Tuhan karena dia dan cita-citanya telah terjawab.

“Saya yakin Nasdem menang,” ujar Vonnie.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com