ZONAUTARA.com – Tertangkapnya ikan jenis oarfish di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, mengundang resah netizen. Banyak di antaranya yang menghubungkan dengan pesan bencana alam sesuai lazimnya dalam kepercayaan Timur dan dunia spiritual.

Penasaran dengan fenomena ini, wartawan Zona Utara meminta tanggapan Master J, seorang pakar spiritual. Seperti biasanya, Master J yang selalu meminta namanya hanya diinisialkan saja, mengatakan bahwa oarfish yang tertangkap nelayan di perairan Kepulauan Selayar tersebut tidak ada hubungan dengan pesan mistik atau spiritual.

“Masyarakat tidak perlu cemas. Kemunculan ikan itu murni gejala alam. Sekarang sedang ada perubahan panas bumi. Di beberapa bagian bumi kini sedang mengalami pergantian musim, yaitu dari musim dingin berganti musim semi,” terang Master J, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Ikan dengan julukan Pembawa Pesan dari Kerajaan Dewa Laut ini kena pancing nelayan

Jadi, imbuhnya, ikan yang biasa hidup dalam pekat dan dinginnya dasar laut, saat mengalami perubahan panas, masuk akal bila oarfish itu bergerak ke laut dangkal.

“Sekalipun ada yang menjuluki ikan itu dengan nama yang agak seram, yaitu Messengers of The Sea God atau Pembawa Pesan dari Kerajaan Dewa Laut, namun kemunculannya kali ini tidak ada hubungan dengan dunia spiritual,” kata Master J.

Katanya lagi, dalam beberapa hari ke depan akan ada gejala tingginya gelombang laut di sebagian besar wilayah utara Indonesia yang terjadi akibat tarikan magnet utara, namun sekali lagi, gejala ini murni gejala alam dan bukan fenomena spiritual.

Bagikan !