Ikan dengan julukan Pembawa Pesan dari Kerajaan Dewa Laut ini kena pancing nelayan

Rahadih Gedoan
Penulis Rahadih Gedoan
Oarfish yang kena pancing nelayan.(Image: Instagram makassar_info)



ZONAUTARA.com Netizen dihebohkan dengan penemuan ikan jenis oarfish di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Ikan berukuran panjang sekitar 3 meter itu berwarna cantik dengan bintik hitam dan merah pada siripnya kena pancing seorang nelayan bernama Andi Saputra.

Ikan berjuluk Messengers of The Sea God atau Pembawa Pesan dari Kerajaan Dewa Laut ini merupakan jenis makhluk yang hidup di kedalaman laut sekitar 100 hingga 1.000 meter.

Kemunculannya ke permukaan biasanya karena gelisah akibat adanya pergerakan lempeng bumi yang mengakibatkan gempa bumi.

Anomali terkait kemunculan oarfish ini jelas membuat banyak netizen resah. Mutiaten Mhuty, misalnya, berharap agar tidak terjadi bencana.

“Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa,” tulisnya di sebuah postingan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Selasa (10/12/2019), membantah bila kemunculan oarfish tersebut diakibatkan gempa bumi.

Daryono menegaskan bahwa kemunculan ikan oarfish yang notabene ikan laut dalam ke permukaan itu bukanlah pertanda gempa besar dan tsunami. Menurutnya, ikan oarfish punya kebiasaan mengambang di dekat permukaan air ketika mereka sakit atau sekarat.

“Selain itu, ada faktor lain yang memicu ikan muncul ke permukaan laut, seperti mengikuti arus laut,” ujarnya seperti yang dirilis lokadata.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Rahadih Gedoan
Follow:
Jurnalis, Instruktur Akting, Pelatih Teater, Sastrawan, Ketua Dewan Kesenian Kota Manado.
2 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com