Connect with us

ZONA TERKINI

Satu militer Filipina tewas saat bebaskan sandera WNI

Dua orang berhasil dibebaskan, satu masih dalam penyanderaan.

Bagikan !

Published

on

Wa Daya, istri dari seorang korban sandera Abu Sayyaf memperlihatkan foto suaminya, Maharudin Lunani (48) dan keponakannya, Samiun Maneu (27) yang kini disandera kelompok Abu Sayyaf (DEFRIATNO NEKE)

ZONAUTARA.com – Satu orang militer dari Filipina tewas saat menjalankan operasi pembebasan sandera Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf Group (ASG).

“Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi atas kerja sama Pemerintah Filipina yang baik, sekaligus menyampaikan duka cita atas gugurnya satu personel militer Filipina dalam operasi tersebut,” ujar perwakilan Kementerian Luar Negeri RI berdasarkan siaran pers¬†Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (22/12/2019).

Operasi pembebasan yang digelar pada Minggu pagi itu didahului dengan baku tembak.

Selama 90 hari tiga orang WNI disandera ASG yang diculik pada September 2019 ketika mereka mencari ikan di perairan Lahad Datu, Malaysia.

Ketiga nelayan itu berasal dari Baubau dan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Peristiwa penyanderaan ketiganya diketahui melalui rekaman video yang diunggah di laman Facebook. Penyandera meminta tebusan sebesar Rp 8 miliar.

Sejak kejadian itu Pemerintah Indonesia dan Filipina melakukan berbagai langkah diplomasi. Presiden Joko Widodo berbicara langsung dengan Presiden Duterte serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menteri Pertahanan Filipina.

Pembicaraan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan koordinasi internal antara Pemerintah RI yang dilakukan oleh Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI melalui kerja sama intensif antara badan intelejen Indonesia dengan militer Filipina.

Satu orang WNI lainnya belum dibebaskan. Saat ini, upaya pembebasannya masih terus dilakukan.

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HEADLINE

Update corona 4 April: Amerika dekati 300 ribu kasus, 1120 kematian sehari di Prancis

Total yang terinfeksi sebanyak 1.096.131 orang dari seluruh dunia.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Jumlah kasus di Amerika Serikat dalam sehari menunjukkan angka yang sangat tinggi. Dalam data yang diakses melalui situs Worldometers, pada Jumat (3/4) kemarin ada 30.171 orang yang terinfeksi virus corona.

Total orang di Amerika Serikat yang kini terkonfirmasi terjangkit covid-19 ada sebanyak 275.048 orang, 12.097 diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara orang meninggal akibat virus ini di Amerika hampir 1000 orang perhari. Pada Jumat kemarin ada 996 orang meninggal sehingga angka total orang meninggal mencapai 7.067 orang.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta warga negaranya bersiap menghadapi masa terburuk, saat pandemi covid-19 mencapai puncaknya. Menurut Trump, para ahli memperkirakan akan ada kematian akibat virus corona di Amerika Serikat mencapai 240 ribu orang.

Sementara secara global kini orang yang terinfeksi ada sebanyak 1.096.131 orang, 228.346 orang diantaranya sudah sembuh. Dalam sehari ada 81.066 kasus baru yang tercatat dari seluruh dunia.

Angka kematian secara global mencapai 58.822 orang, bertambah 5.654 orang sepanjang Jumat kemarin.

1.120 kematian di Prancis

Di Prancis angka kematian per hari sangat tinggi dan semakin mengkhawatirkan. Sepanjang Jumat kemarin tercatat ada 1.120 orang meninggal, sehingga total orang meninggal di Prancis mencapai 6.507 orang.

Sementara jumlah orang terkonfirmasi terjangkit virus corona di Prancis mencapai 64.338 orang, da 14.008 diantaranya sudah sembuh.

Baca pula: Bersiap menjadi amfibi pasca covid-19

Italia dan Spanyol kini telah mencapai angka kasus hampir 120 ribu orang. Di Italia ada 119.827 kasus dan di Spanyol sebanyak 119.199 orang yang terinfeksi.

Angka kematian di kedua negara Eropa ini juga sangat tinggi. Italia ada 14.681 orang meninggal bertambah 766 orang dalam sehari, sementara di Spanyol ada 11.198 orang meninggal, bertambah 850 orang dalam sehari.

Negara Jerman juga terus menunjukkan kenaikan penularan. Ada 6.365 orang dalam sehari di Jerman yang terinfeksi, sehingga total kasus positif di Jerman mencapai 91.159 orang. Angka ini telah melampaui China (81.620 kasus).

Eropa kini telah menjadi pusat pandemi covid-19. Hampir semua negara di Eropa telah melaporkan adanya penularan virus corona. Kini ada 181 negara di seluruh dunia yang mendapati warganya terjangkit covid-19.

Indonesia 1.986 kasus

Pemerintah Indonesia melaporkan masih terus terjadi penularan di berbagai provinsi. Kini sebanyak 32 provinsi sudah mendapati kasus positif di wilayahnya. Sebanyak tujuh provinsi menetapkan status siaga darurat bencana covid-19.

Baca pula: Tabel sebaran covid-19 pada 3 April

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaporkan hingga Jumat (3/4) ada sebanyak 1.986 orang yang terkonfirmasi terjangkit virus corona.

Sebanyak 134 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan 181 orang meninggal.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com