Connect with us

ZONA DAERAH

Target diserahkan 31 Januari, penyusunan LKPD dikebut

Published

on

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menegaskan, pihaknya akan mengupayakan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon diserahkan pada akhir Januari 2020 mendatang.

Jika terlaksana sesuai dengan target tersebut, Kota Tomohon pun akan menjadi yang pertama di Sulawesi Utara (Sulut) yang memasukan LKPD dan yang kedua di Indonesia setelah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Di tahun-tahun sebelumnya penyerahan buku LKPD ini biasanya paling lambat diserahkan pada bulan Maret. Di tahun 2020 ini, Pemerintah Kota menjadi terobosan, bahwa kita akan pertama di Sulut menyerahkan LKPD di 31 Januari dan kedua tercepat di Indonesia,” ujar Eman beberapa waktu lalu.

Menurut Eman, penyerahan LKPD di akhr Januari ini tujuannya bukan untuk menjadi yang tercepat, melainkan sebagai bagian dari pemantauan pengelolaan keuangan dan kinerja.

“Targetnya bukan menjadi yang tercepat, tapi sebenarnya kita terus meningkatkan diri dalam rangkaian bagaimana laporan keuangan dan kinerja Pemerintah Kota Tomohon ini terus dipantau dan dievaluasi,” ungkap Eman.

Dia menegaskan, Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Tomohon saat ini sedang dalam tahapan perampungan sebelum nantinya diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kepala BPKPD Gerardus Mogi. (Foto: zonautara.com)

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Gerardus Mogi menjelaskan, dari 34 Perangkat Daerah ditambah 9 bagian yang ada di jajaran Pemkot Tomohon, hanya tertinggal 3 Perangkat Daerah yang sementara dirampungkan penginputan data-data asetnya.

“Ketiga Perangkat Daerah tersebut adalah PUPR, Dinkes dan Dikbud. Sementara, untuk 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Timur dan Tomohon Utara masih belum menginput data, sedangkan Kecamatan Tomohon Selatan hampir selesai,” kata Mogi, Rabu (22/1/2020).

Menurut Mogi, dasar penyusunan LKPD adalah laporan keuangan dari setiap Perangkat Daerah dan saat ini juga Inspektorat sementara melakukan review bagi setiap Perangkat Daerah yang laporan keuangannya sudah selesai dilaksanakan.

“Sejak tanggal 13 Januari itu dimulai dengan rekonsiliasi data Perangkat Daerah dengan Bidang Akutansi untuk posisi KAS (saldo akhir). Juga, rekonsiliasi data Aset dengan Bidang BMD untuk menghitung nilai Aset, akumulasi penyusutan Aset dan total pengadaan di tahun 2019,” pungkas Mogi.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Beri Donasi

Zona Sulut

Danlanud Sri serah terima ribuan APD dan masker bantuan Pemerintah Pusat

APB sebanyak 4000 unit dan 20 ribu masker.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.COM – Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, Menandatangani berita acara serah terima barang kesehatan berupa Alat Pelindung Diri (APD) sejumlah 80 koli sekitar 4000 unit dan masker sebanyak 10 koli atau sekitar 20.000 buah, yang diterima Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, Minggu, (5/4/2020).

“Alat kesehatan berupa APD dan masker ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang diangkut dari Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat TNI AU Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang,” ujar Sumaryana.

Pendistribusian APD dengan menggunakan pesawat TNI AU ini sesuai instruksi Panglima TNI. Setelah tiba di Lanud Sam Ratulangi, seluruh crew pesawat langsung diperiksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya, serta seluruh barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan disinfektan.

Proses bongkar muat alat kesehatan ini, langsung mendapat pengawasan dari Danlanud Sam Ratulangi beserta para perwakilan Forkopimda yang hadir.

Pada kesempatan itu Danlanud Sam Ratulangi menyampaikan bawa bantuan tersebut sudah yang kedua kalinya.

“Jika yang pertama menggunakan pesawat TNI AU CN-295 A-2907 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim, yang saat ini menggunakan Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang,” jelas Sumaryana.

Menurutnya, TNI AU melalui Lanud Sam Ratulangi  mendukung pemerintah untuk percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19.

“Kami membantu mendistribusikan APD dan masker yang digunakan untuk keperluan para tenaga medis dalam menangani dan merawat pasien yang terpapar Covid 19,” ungkap Sumaryana.

Setelah diterima, oleh pihak BPBD dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, APD dan masker tersebut langsung diangkut dengan menggunakan mobil box milik Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk selanjutnya tim Gugus tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara akan segera menyalurkan ke puskesmas, beberapa rumah sakit rujukan, dan tiga rumah singgah.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com