bar-merah

Ini bentuk penghargaan Pemkot Tomohon kepada Penginjil Pandita Wilken

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon memberikan penghormatan yang tinggi kepada tokoh penginjilan di Kota Tomohon, yakni Pandita Nicolaas Philip Wilken.

Peran penting pelaku pekabaran Injil yang lahir pada 10 Mei 1813 di Aurich Friesland Timur Jerman dan telah melayani di Kota Tomohon selama 35 tahun membuat Pemkot Tomohon monumen, serta ingin menggunakan nama Wilken untuk sejumlah fasilitas publik ada, yakni Pasar dan Terminal.

Selain itu, nama Wilken pun akan disematkan di salah satu Gereja GMIM yang nantinya akan menjadi gereja ke-1000, yang akan diresmikan di Kota Tomohon dalam waktu dekat.

Wali Kota Jimmy Feidie Eman mengatakan, bahwa peran penting beliau yang menjadikan Tomohon sebagai Kota Religius. Saat ini, kata dia, banyak masyarakat hanya mendengar tentang penginjil seperti Riedel di Tondano, Schwarz di Langowan, Ultrech di Minahasa Selatan, Johan Adam Mattern dan yang termasuk paling lama, yaitu Pandita Nicolaas Phillip Wilken.

Menurut Eman, penamaan Wilken adalah untuk mengenang sejarah pekabaran injil di Tomohon, sekaligus untuk meningkatkan pendidikan, kepariwisataan dan budaya.

“Oleh karena itu, dalam rangka Hari Jadi ke-17 Kota Tomohon maka akan diresmikan Gereja, Monumen Wilken dan me-launching nama Pasar dan Terminal Beriman Wilken,” ujar Eman.

Sementara itu, pemerhati budaya Juddie Turambi menjelaskan, dalam sejarahnya, Wilken melanjutkan tugas Johan Adam Matern yang mendirikan jemaat Tomohon pada tahun 1839 dan diperluas oleh Wilken yang membentuk jemaat-jemaat, yakni Tataaran 1845, Sarongsong 1846, Lolah 1848, Tateli 1848, Kakaskasen 1849, Lotta 1849, Lahendong 1849, Tondangow 1852, Rambunan 1853, Pinaras 1854, Pinaras 1854 Rurukan 1854, Leilem 1856, Pangolombian 1858, Kembes 1858, Koka 1859, Tincep 1860, Tinoor 1860, Kayawu, 1861, Warembungan 1862 dan Kinilow 1863.

Turambi mengatakan, dari berbagai teferensi yang ada, 20 jemaat yang dibentuk, yakni Kakaskasen, Kinilow, Tinoor, Kayawu, Wailan, Talete, Paslaten, Kolongan, Matani, Kamasi, Rurukan, Kumelembuai, Walian, Sarongsong, Lahendong, Pinaras, Tondangow, Pagolombian, Woloan, Taratara, juga di Tataaran.

“Peran penting Pandita Wilken di Kota Tomohon dalam bidang pendidikan, keagamaan yang mendirikan 20 jemaat sekaligus mengarsiteki langsung bangunan gereja dan sekolah,” katanya.

Wilken juga menggoreskan tinta emas bagi perjalanan sejarah masuknya Injil dan Kristen Protestan, khususnya di Tomohon. Pandita Nicolaas Phillip Wilken tidak pergi tanpa meninggalkan sebuah jejak permanen.

“Misionaris Protestan Pandita Nicolaus Phillip Wilken adalah tokoh pekabaran Injil dan pengembangan persekolahan Kristen di Kota Tomohon yang juga mendapat julukan sang jenderal 4 bintang seperti tertera pada makamnya yang menggambarkan kesuksesannya,” jelasnya.

Pandita Wilken meninggal pada 22 Februari 1878 dan dimakamkan di Kelurahan Talete, Kecamatan Tomohon Tengah.

Diketahui, gereja GMIM ke-1000 yang adalah pemekaran dari Jemaat GMIM Maranatha Paslaten akan dinamakan Gereja GMIM Wilken Tomohon.

Gereja yang berlokasi di atas Pasar Wilken ini nantinya akan ditahbiskan pada hari Minggu (2/2/2020), sekaligus peresmian Pastori Jemaat dan penerimaan Pendeta Ketua Jemaat yang baru.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com