Kebakaran landa sekolah dasar di Kotamobagu

Reporter ZonaUtara
Penulis Reporter ZonaUtara



Kotamobagu, ZonaUtara.com – Kebakaran terjadi di SD Negeri 1 Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Kamis (30/01/2020).

Kepala Sekolah SDN 1 Motoboi Besar, Maabi Paputungan, mengatakan kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 10.10 wita, saat selesai jam istirahat sekolah.

“Waktu itu kita berada di dalam ruangan dan guru serta murid juga sedang melakukan aktifitas belajar mengajar, lalu ada anak kelas 6 ijin ke kamar kecil dan melihat ada api di RDG (Rumah Dinas Guru),” ujarnya.

Setelah itu dirinya langsung bergegas keluar ruangan dan melihat api dengan cepatnya sudah menjalar di Sekolah dan langsung perintahkan para siswa dan guru untuk berlari keluar sekolah menuju ke lapangan yang berada di depan sekolah.

“Api juga masuk kedalam ruang perpustakaan, karena didalam banyak buku dan kertas serta saat kejadian juga ada angin, lalu api sangat cepat menjalar ke ruang kelas,” jelasnya.

Menurutnya, perkiraan kerugian akibat kebakaran tersebut sekitar Rp500 juta, “banyak buku yang terbakar, peralatan sekolah, ruangan kelas, dan bangunan sekolah,” terangnya.

zonautara.com
Foto: Kontributor Zonautara.com

Sementara itu, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kotamobagu, Erwin Sugeha, menjelaskan api berhasil dipadamkan sekitar 2 jam dengan mengerahkan 4 unit kendaran mobil pemadam kebakaran.

“Sumber api diduga dari korsleting listrik dari ruang belakang RDG SDN 1 Motoboi Kecil,” ungkapnya.

Objek yang terbakar diantaranya 6 unit ruang kelas, 1 unit perpustakaan, 1 unit RDG, dan 2 unit rumah penduduk atas nama almarhum Foad Lolangion dan Muliati Lolangion.

Menurutnya, dari informasi pihak sekolah kerugian bangunan dan isinya ditaksir kurang lebih Rp500 juta dan untuk kerugian kebakaran 2 unit rumah penduduk kurang lebih Rp150 juta.

“Untuk lebih pasti penyebab kebakaran ini akan dilakukan penyelidikan oleh pihak berwajib dalam hal ini pihak Kepolisian,” pungkasnya. (Ai)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com